Analisis Implementasi Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar

Risa Fadhila, (2025) Analisis Implementasi Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107080_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2108107080_2_bab1.pdf

Download (776kB)
[img] Text
2108107080_6_bab5.pdf

Download (445kB)
[img] Text
2108107080_7_dafpus.pdf

Download (460kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk keimanan, ketakwaan, serta akhlak peserta didik. Namun, metode pengajaran yang masih dominan bersifat tradisional dan berpusat pada guru menyebabkan kurangnya stimulasi terhadap kreativitas siswa. Padahal, kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi utama yang dibutuhkan di era abad ke-21. Berdasarkan observasi di SDN Dukuh Semar 1 Kota Cirebon, masih banyak siswa yang belum menunjukkan keaktifan dan kreativitas dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model Project-Based Learning (PjBL) sebagai upaya meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini menitikberatkan pada strategi yang digunakan guru, pelaksanaan model PjBL di kelas, serta pengaruhnya terhadap peningkatan kreativitas siswa. Model PjBL dipilih karena mampu mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proyek nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, termasuk dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai keagamaan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Dukuh Semar 1 Kota Cirebon. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dilakukan melalui beberapa tahap, seperti menentukan pertanyaan, merancang dan melaksanakan proyek, serta melakukan refleksi. Melalui tahapan ini, siswa menjadi lebih percaya diri, aktif, dan kreatif. Siswa mampu membuat ide-ide baru, bekerja sama dalam tim, serta menghasilkan karya yang bermanfaat. Kesimpulannya, model Project-Based Learning terbukti efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran PAI. Selain memperkuat pemahaman agama, model ini juga melatih siswa berpikir kritis, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Oleh karena itu, PjBL dapat menjadi pilihan strategi pembelajaran yang inovatif di sekolah dasar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Siswa, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:34
Last Modified: 14 Aug 2025 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17027

Actions (login required)

View Item View Item