Pengembangan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V

Shindy Audiana Putri, (2025) Pengembangan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107090_1_cover.pdf

Download (643kB)
[img] Text
2108107090_2_bab1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
2108107090_6_bab5.pdf

Download (183kB)
[img] Text
2108107090_7_dafpus.pdf

Download (221kB)

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman merupakan salah satu aspek fundamental dalam penguasaan bahasa yang sangat penting, terutama pada jenjang pendidikan dasar. Membaca pemahaman tidak hanya berkaitan dengan kemampuan mengidentifikasi kata-kata dalam teks, tetapi juga mencakup pemahaman makna, penarikan kesimpulan, serta kemampuan menganalisis informasi secara kritis dan logis. Dalam praktiknya, masih banyak siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, terutama teks yang panjang dan kompleks. Salah satu penyebab utama dari permasalahan ini adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang variatif dan monoton. Guru cenderung mengandalkan buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar, sehingga siswa merasa bosan dan kurang termotivasi untuk membaca dan memahami isi bacaan secara mendalam. Media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa dipercaya mampu meningkatkan pemahaman membaca. Salah satu pendekatan yang relevan adalah penggunaan media komik digital. Berdasarkan teori pembelajaran multimodal dan teori Dual Coding oleh Paivio, kombinasi antara teks dan gambar dalam satu media dapat memperkuat daya serap informasi siswa karena bekerja melalui dua saluran kognitif, yaitu visual dan verbal. Komik digital dipilih karena dapat menyampaikan materi secara lebih menyenangkan, memudahkan pemahaman, dan mampu meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik digital bertema “Bijak Menggunakan HP”, dengan materi utama mengenai fakta dan opini, sesuai dengan kurikulum Bahasa Indonesia kelas V. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: analyze, design, development, implementation, dan evaluation yang dilaksanakan secara sistematis dan berkelanjutan untuk menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan uji validasi dari tiga ahli, yakni ahli media dengan skor kelayakan 83, ahli bahasa dengan skor 93, dan ahli materi dengan skor 94. Ratarata keseluruhan validasi menunjukkan nilai 90, yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Selain itu, uji efektivitas menghasilkan N-Gain score 0,61 atau kategori sedang. Dengan demikian, media komik digital ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa serta menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komik Digital, Kemampuan Membaca Pemahaman, Media Pembelajaran, Siswa Kelas V.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:40
Last Modified: 14 Aug 2025 04:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item View Item