Pengembangan media video animasi 3D Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa di M

Ayu Munjiyati, (2025) Pengembangan media video animasi 3D Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa di M. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2108107095_1_cover.pdf

Download (857kB)
[img] Text
2108107095_2_bab1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
2108107095_6_bab5.pdf

Download (283kB)
[img] Text
2108107095_7_dafpus.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa video animasi 3d berbasis kearifan lokal di Cirebon untuk mengembangkan keterampilan menyimak siswa yang disesuaikan pada hasil analisis dilapangan, teori serta serta regulasi yang berkaitan dengan pengembangan media dan keterampilan menyimak anak. Media video animai yang dikembangkan berbentuk alur cerita yang dekat dengan kearifan lokal di Cirebon yang tentunya memuat pertanyaan untuk mengevaluasi keterampilan menyimak anak dalam aspek mendengar, memahami dan menanggapi. Penelitian ini didasari oleh betapa pentingnya mengembangkan keterampilan menyimak anak untuk menunjang kegiatan belajar, belum maksimalnya keterampilan menyimak anak, belum tersedianya media pembelajaran yang khusus digunakan untuk mengembangkan keterampilan menyimak siswa, serta sulitnya menemukan video animasi yang kontenya sesua untuk anak sekolah dasar atau MI padahal penggunaan media tersebut cukup efektif untuk mengembangkan keterampilan menyimak siswa. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah Research and Development dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pemberian angket, studi dokumentasi, validasi para ahli sesuai dengan bidangnya. Produk video animasi yang telah selesai dikembangkan kemudian divalidasi oleh para ahli sesuai bidangnya untuk menilai produk sebelum digunakan pada tahap uji coba. Dari hasil validasi dengan ahli produk dikatakan sangat efektif karena telah memenuhi kriteria dengan penilaian ahli media sebesar 96%, ahli materi sebesar 88% dan ahli bahasa sebesar 93%. Tahap uji coba sendiri dua tahap yaitu dengan uji coba terbatas dan uji coba secara luas. Untuk uji coba terbatas dilakukan pada kelas IV MI Al- Washliyah Perbutulan Kampus 1 dan untuk uji coba luas dilakukan di MI ALWashliyah Kaampus 2 serta MI Raudatull Mubtadiin. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video animasi 3d berbasis kearifan lokal sangat efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa, hal tersebut dibuktikan dari penelitian yang menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan menyimak. Sebelum menggunakan media video animasi, siswa hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80 namun setelah menggunakan media video animasi berbasis kearifan lokal nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 90.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Keterampilan Menyimak, Sekolah Dasar/MI, ADDIE
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:46
Last Modified: 14 Aug 2025 04:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17036

Actions (login required)

View Item View Item