MUHAMMAD FARHAN, (2025) MANAJEMEN PESERTA DIDIK: ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PESERTA DIDIK DAN UPAYA DISIPLIN DI SMAN 8 CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108109077_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108109077_2_bab1.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
2108109077_6_bab5.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
2108109077_7_dafpus.pdf Download (256kB) |
Abstract
Keterlambatan peserta didik di SMAN 8 Cirebon menjadi masalah yang signifikan dalam proses pembelajaran. Faktor-faktor seperti jarak rumah yang jauh, masalah transportasi, kesiangan, dan kondisi kesehatan seringkali menyebabkan peserta didik datang terlambat. Hal ini berdampak pada efektivitas pembelajaran dan kedisiplinan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab keterlambatan peserta didik serta upaya disiplin yang diterapkan di SMAN 8 Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru BK, serta peserta didik kelas X, XI, dan XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlambatan dipengaruhi oleh faktor internal, seperti pengelolaan waktu yang buruk, kurangnya disiplin diri, dan pengawasan orang tua yang minim, serta faktor eksternal, seperti kendala transportasi, masalah sosial-ekonomi keluarga, dan jarak rumah yang jauh. Sekolah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi keterlambatan, antara lain dengan pemantauan rutin terhadap keterlambatan peserta didik, pemberian sanksi edukatif, dan pendekatan personal melalui komunikasi dengan orang tua dan guru BK. Selain itu, sekolah juga menerapkan strategi seperti pemberian penghargaan bagi peserta didik yang disiplin, program pembinaan karakter yang melibatkan OSIS dan pihak sekolah. Meskipun langkah-langkah ini memberikan dampak positif, masalah keterlambatan belum sepenuhnya teratasi, terutama karena faktor eksternal yang sulit dikendalikan. Implikasi teoritis penelitian ini menguatkan pemahaman tentang kedisiplinan dan pengelolaan waktu, sementara implikasi praktis mencakup pengembangan program manajemen waktu, peningkatan kerja sama antara sekolah dan orang tua, serta penerapan pendekatan disiplin berbasis pembinaan yang lebih mendidik daripada sekadar pemberian sanksi. Penelitian ini merekomendasikan SMAN 8 Cirebon untuk memperkuat pengawasan waktu, mengadakan pelatihan manajemen waktu, dan menyesuaikan jam masuk. Peserta didik disarankan membangun disiplin dan berkomunikasi dengan sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Peserta Didik, Faktor Internal dan Eksternal, Disiplin. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17110 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |