Hikam Muhtadi Zuhdi, (2025) Model Pengembangan UMKM Ekonomi Kreatif Berbasis Islamic Entrepreneurship di Kota Cirebon. Masters thesis, EKOS UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
A-COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (499kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (591kB) |
Abstract
Ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi baru yang memadukan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide, gagasan dan pengetahuan dari sumberdaya manusia sebagai faktor produksi. Dalam studi ekonomi dikenal ada empat faktor produksi, yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, modal dan orientasi atau manajemen inti atau jantung ekonomi kreatif. Namun, masih belum tersedia model yang mampu menjembatani kebutuhan inovasi ekonomi dengan komitmen terhadap prinsip Islam seperti kejujuran, amanah, tanggung jawab sosial, dan keberkahan usaha. Tujuan penelitian:(1) Menganalisis Karakteristik UMKM di Kota Cirebon ditinjau dari Islamic Entrepreneurship. (2). enganalisis strategi pemkot Cirebon dalam mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Islamic Entrepreneurship pada UMKM Kota Cirebon. (3) Merumuskan modelpengembangan Ekonomi Kreatif berbasis Islamic Entrepreneurship pada UMKM di Kota Cirebon.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang mana penelitian ini akan mendeskripsikan suatu gejala yang terjadi pada saat ini, dengan memusatkan perhatian kepada masalah-masalah yang terjadi pada saat penelitian berlangsung.Hasil dari penelitian ini adalah: (1) UMKM di Kota Cirebon pada dasarnya telah menginternalisasi nilai-nilai Islamic entrepreneurship secara praktik, meskipun belum secara formal menyebut diri mereka sebagai pelaku kewirausahaan Islam, (2) strategi untuk mengembangkan UMKM, seperti pelatihan, fasilitasi pameran, dan bantuan permodalan denganmengintegrasikan nilai-nilai Islam, (3) model yang diusulkan dalam penelitian ini adalah Model Quadruple Helix Islami, yang mengintegrasikan empat pilar utama yaitu pemerintah, akademisi, pelaku usaha/UMKM, dan komunitas Islam. Kata Kunci : Pengembangan UMKM, Ekonomi Kreatif, Islamic Entrepreneurship
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan UMKM, Ekonomi Kreatif, Islamic Entrepreneurship |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 06:45 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 06:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |