Jia Jahratul Inayah, (2025) Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan,Persepsi Risiko Dan Social Influnce Terhadap Minat Generasi Z Dalam Menggunakan Peer To Peer Lending (Studi Kasus Generasi Z Di Kecamatan Jatiwangi). Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.
|
Text
2108203144_1_cover.pdf Download (824kB) |
|
|
Text
2108203144_2_bab1.pdf Download (328kB) |
|
|
Text
2108203144_6_bab5.pdf Download (207kB) |
|
|
Text
2108203144_7_dafpus.pdf Download (281kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah melahirkan financial technology (fintech) sebagai inovasi layanan keuangan berbasis platform digital yang memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, meminjam, dan berinvestasi secara online. Salah satu bentuk fintech yang populer adalah Peer to peer lending, yang banyak diminati oleh Generasi Z karena kemudahan dan fleksibilitasnya. Namun, meningkatnya penggunaan layanan ini juga menimbulkan risiko seperti kebocoran data dan kredit macet yang dapat memengaruhi minat pengguna. Fenomena tersebut mendorong perlunya penelitian untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat Generasi Z di Kecamatan Jatiwangi dalam menggunakan layanan peer to peer lending. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan, keamanan, risiko, dan social influence terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan peer to peer lending. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 99 responden Generasi Z yang dipilih secara purposive. Analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemudahan (X₁) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan Peer to peer lending (Y) dengan nilai t<sub>hitung</sub> 0,515 < t<sub>tabel</sub> 1,985 dan nilai signifikansi 0,608 > 0,05. Variabel keamanan (X₂) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai t<sub>hitung</sub> 3,090 > t<sub>tabel</sub> 1,985 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Variabel risiko (X₃) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan dengan nilai t<sub>hitung</sub> –3,014 < –1,985 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Sedangkan variabel social influence (X₄) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat (Y) dengan nilai t<sub>hitung</sub> 5,196 > t<sub>tabel</sub> 1,985 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun besaran pengaruh variabel kemudahan, keamanan, risiko dan social influence terhadap minat generasi Z di kecamatan Jatiwangi yaitu sebesar 66,9%, sedangkan sisanya sebesar 33,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata kunci: Peer To Peer Lending, Generasi Z, Kemudahan, Keamanan, Risiko, Social Influence
| Item Type: | Thesis (Bachelor) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 02:21 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 02:21 |
| URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

