Ema Fauziyah, (2025) Pengaruh Budaya Organisasi Kepuasan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Bank Muamalat Cirebon. Masters thesis, EKOS UIN Siber Syekh Nurjati.
|
Text
Cover - Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
Abstract
Kinerja karyawan merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan organisasi, termasuk pada Bank Muamalat. Namun, pengamatan awal menunjukkan bahwa kinerja karyawan di Bank Muamalat Cabang Cirebon belum optimal, yang terlihat dari tidak tercapainya sebagian target serta penurunan nilai Key Performance Indicator (KPI). Kondisi ini mengindikasikan perlunya evaluasi terhadap faktor internal yang memengaruhinya, seperti budaya organisasi, kepuasan kerja, dan gaya kepemimpinan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap kinerja karyawan, baik secara parsial maupun simultan. Latar belakang penelitian didukung oleh adanya penerapan sistem penilaian 360 derajat yang ternyata belum mampu meningkatkan kinerja secara maksimal.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank Muamalat Cabang Cirebon yang berjumlah 31 orang, dan karena jumlahnya kecil maka teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul kemudian dilakukan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini difokuskan pada pengujian empat hipotesis utama yang menguji hubungan antara budaya organisasi, kepuasan kerja, gaya kepemimpinan, dan kinerja karyawan. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Hipotesis pertama menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan kontribusi sebesar 15,4% (p-value < 0,001). Hipotesis kedua mengonfirmasi bahwa kepuasan kerja memberikan pengaruh signifikan sebesar 28,2% (p-value = 0,002) terhadap peningkatan kinerja. Sementara itu, gaya kepemimpinan memiliki pengaruh paling dominan dengan kontribusi sebesar 42,7% (p-value < 0,001). Secara simultan, ketiga variabel bebas memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 60,6%, yang berarti kombinasi budaya organisasi, kepuasan kerja, dan gaya kepemimpinan mampu menjelaskan lebih dari separuh variasi kinerja karyawan. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan ketiga faktor tersebut dalam upaya meningkatkan produktivitas dan pencapaian target organisasi di sektor perbankan syariah. Kata Kunci: Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan, Bank Muamalat
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan, Bank Muamalat |
| Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
| Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 02:39 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 02:40 |
| URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

