PERAN POLA ASUH PENGASUH DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 11 SAMPAI 12 TAHUN DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AZ-ZAHRA CIREBON

Yasmin Ghaliyah, (2021) PERAN POLA ASUH PENGASUH DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 11 SAMPAI 12 TAHUN DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK AZ-ZAHRA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya pola asuh yang diterapkan pengasuh dalam membentuk kecerdasan emosional anak dengan baik agar anak tumbuh menjadi manusia yang benar untuk mencapai kesejahteraan. Hal ini tidak terlepas dari lingkungan sekitar anak salah satunya keluarga. Pengasuh yang mengambil peran sebagai orang tua bagi anak-anak dilembaga ini, maka peran pengasuh lah sebagai salah satu pemicu bagaimana anak akan tumbuh dan seperti apa kecerdasan emosi yang dimiliki oleh anak-anak. Selanjutnya ada tiga permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu, pola asuh yang diterapkan oleh pengasuh, peran pola asuh yang diterapkan oleh pengasuh terhadap kecerdasan emosi anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pola asuhpengasuh dalam pembentukan kecerdasan emosional di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Az-zahra Kecamatan Kesambi Kota Cirebon selama 3 minggu dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan menggunakan observasi dan wawancara sedangkan data sekunder diperoleh dari catatan dan dokumen yang ada di lembaga. informan dalam penelitian kali ini berjumlah 6 orang, terdiri dari 3 orang pengasuh dan 3 orang anak-anak. Berdasarkan permasalahan tersebut, masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pola asuh yag diterapkan oleh pengasuh terhadap pembentukan kecerdasan emosi anak. adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang dterapka dalam lembaga tersebut, bagaimana kecerdasan emosi anak-anak yang ada di lembaga ini dan juga bagaimana peran pengasuh dalam pembentukan kecerdasan emosi anak di lembaga ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan peristiwa yang terjadi di lapangan yang sesuai dengan data yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa anak di LKSA memiliki kecerdasan emosi yang baik, pengasuh menerapkan pola asuh demokratis kepada anak-anak, pengasuh sangat berperan dalam membentuk kecerdasan emosi yang baik terhadap anak-anak. peran pengasuh sebagai orang tua asuh dan juga sebaagai konselor. Pengasuh berperan sebagai orang tua dalam memberikan kasih sayang dan perasaan aman bagi anak, sedangkan sebagai konselor pengasuh memberikan peran untuk berupaya memaksimalkan perkembangan anak agar optimal. Kata Kunci : Pola asuh, Pengasuh, Kecerdasan Emosional

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Sep 2021 07:47
Last Modified: 14 Sep 2021 00:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5312

Actions (login required)

View Item View Item