Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Microsoft Teams For Education Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di SMA Negeri 1 Gegesik Tahun Ajaran 2021/2022

Ayu Rostiyati, (2021) Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Microsoft Teams For Education Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pokok Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di SMA Negeri 1 Gegesik Tahun Ajaran 2021/2022. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran jarak jauh (Microsoft Teams for Education) terhadap hasil belajar kognitif siswa, (2) Menganalisis perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa, dan (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan aplikasi pembelajaran Microsoft teams for education pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Gegesik, Kabupaten Cirebon, dengan populasi siswa sebanyak 180 orang. Sampel terdiri 35 siswa di kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa di kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Menggunakan desain eksperimen Pretest�Posttest Control Group Design, tes dan angket respon pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajar jarak jauh (Microsoft Teams for Education). 1) Pada kelas kontrol (Whatsapp Messenger) diperoleh hasil pada tahap mengamati (observing) 10,00%, menanya (questioning) 10,00%, mengumpulkan data (data collection) 52,10%, mengasosiasi (associating) 7,39%, dan mengkomunikasikan (communicating) 10,00%, sedangkan pada kelas eksperimen (Microsoft Teams) tahap mengamati (observing) 10.00%, menanya (questioning) 10,00%, mengumpulkan data (data collection) 57,59%, mengasosiasi (associating) 7,47%, dan mengkomunikasikan (communicating) 10,00%, 2) terdapat hasil peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen (Microsoft Teams) dan kelas kontrol (Whatsapp messenger) rata-rata nilai N gain kelas eksperimen 0.59, sedangkan kelas kontrol 0.37. 3) Respon siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan media aplikasi Microsoft Teams memperoleh persentase mencapai 37% kategori cukup dan 63% termasuk dalam kategori kuat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:19
Last Modified: 28 Jul 2022 04:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7525

Actions (login required)

View Item View Item