Implementasi Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di RA At-Taqwa Kota Cirebon

Rika Rohimatul Fawaiz, (2021) Implementasi Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di RA At-Taqwa Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Pendidikan Guru Raudathul Atfal IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menstimulasi perkembangan bahasa merupakan kemampuan khas manusia yang paling kompleks, namun pada umumnya berkembang pada individu degan kecepatan luar biasa pada awal masa kanak-kanak. Menstimulasi perkembangan bahasa adalah salah satu tugas guru dan orang tua. Perkembangan bahasa dapat ditanamkan dengan berbagai metode, salah satunya dengan metode bercerita. Metode bercerita dapat dijadikan sebagai metode yang tepat dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini. Metode bercerita saja tidak cukup jika tanpa alat peraga. Metode bercerita menggunakan boneka tangan membuat anak menjadi tertarik dan dapat menstimulasi perkembangan bahasa. Metode bercerita menggunakan boneka tangan melibatkan seluruh aspek perkembangan khususnya perkembangan bahasa melalui praktek langsung. RA At-Taqwa menerapkan metode bercerita menggunakan boneka tangan dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sybjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru RA At-Taqwa Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bercerita menggunakan boneka tangan dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini terlaksana dan tercantum dalam kurikulum dan STTPA. Implementasi metode bercerita menggunakan boneka tangan dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini mampu menstimulasi perkembangan bahasa melalui bercerita menggunakan boneka tangan yang dilakukan pada saat pembelajaran. Anak-anak respon terhadap apa yang guru ceritakan, anak mampu menceritakan kembali dengan kosa kata yang lebih, anak mampu mengungkapkan perasaansenang dan banyak bertanya tokoh yang diceritakan dengan kalmat yang sederhana. Pelaksanaan pembelajarannnRA At-Taqwa sudah mengimplementasikan metode bercerita menggunakan boneka tangan dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, teknik bercerita dan evaluasi bercerita. Pembelajaran metode bercerita mampu menjadi pemecah masalah dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak. hal ini karena pembelajaran metode bercerita menggunakan boneka tangan mudah diikuti, dan disesuaikan perkembangan, kebutuhan anak dan berpusat pada anak usia dini. Faktor pendukung metode bercerita menggunakan boneka tangan dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini adalah media boneka tangan dan guru yang berkompeten. Faktor penghambatnya anak yang aktif dan kemampuan anak yang berbeda-beda.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 04 Aug 2022 03:10
Last Modified: 04 Aug 2022 03:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7583

Actions (login required)

View Item View Item