Shafira Lili Ramadhanti, (2022) PENGGUNAAN INSTAGRAM @KARTUN.MUSLIMAH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEAGAMAAN FOLLOWERS. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
Berdakwah di tengah era modern seperti sekarang tidaklah mudah. Masyarakat menjadi sangat melek informasi, menjadi semakin kritis terhadap konsep ajaran Islam yang didakwahkan. Selain kekritisan terhadap konten materi dakwah yang meningkat, model penyajian pesan-pesan dakwah juga dituntut semakin kreatif agar lebih menarik. Pendekatan dakwah yang diterapkan haruslah lebih modern, menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan mad’u. Ini menjadi tantangan bagi para pegiat dakwah, salah satu pegiat dakwah di media sosial instagram adalah akun @kartun.muslimah yang mempunyai ciri khas dalam penyampaian pesan dakwahnya. Hal ini yang menjadikan peneliti tertarik untuk menelitinya lebih dalam lagi. Berdasarkan latarbelakang yang dipaparkan tersebut, maka pertanyaan penelitiannya adalah (1) Bagaimana pesan dakwah tentang Fiqih Wanita yang terdapat dalam akun instagram @kartun.muslimah? (2) Bagaimana model penyajian pesan dakwah tentang fiqih wanita pada akun @kartun.muslimah? (3) Bagaimana pemahaman followers terhadap konten fiqih wanita di akun @kartun.muslimah? Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui materi dakwah tentang fiqih wanita yang terdapat dalam akun instagram @kartun.muslimah. (2) Mengetahui bagaimana pandangan followers mengenai model penyajian pesan dakwah tentang fiqih wanita pada akun @kartun.muslimah. (3) Mengetahui bagaimana pemahaman followers mengenai konten fiqih wanita tersebut dalam menambah pengetahuan keagamaan mereka. Dalam penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah studi kasus Cresswel. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan skunder. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis menyimpulkan bahwa (1) Pada bulan Februari 2022 akun @kartun.muslimah mengunggah 4 materi fiqh wanita yakni Bab Menikah, Shalat, Aurat dan Amalan Sunnah (2) Model penyajian konten fiqih wanita pada akun @kartun.muslimah dengan menggunakan teori desain komunikasi visual dapat diketahui memiliki elemen ilustrasi konten kartun muslimah menggunakan gaya flat design. Elemen tipografi konten fiqih pada akun @kartun.muslimah menggunakan huruf jenis Sans Serif Sedangkan, elemen layout menyesuaikan dengan penempatan elemen teks judul dan elemen visual. (3) Pemahaman followers terhadap materi fiqih wanita bertambah tentang materi pernikahan, materi aurat dan materi shalat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Fiqih Wanita, Followers |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion T Technology > Information Technology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 07:02 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 07:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8413 |
Actions (login required)
View Item |