Anis Nur Aulya, (2022) STRATEGI KOMUNIKASI USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA HAFIDZOH DI PONDOK PESANTREN ASSA’ADAH 2 RODLOTUL QUR’AN BABAKAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.
|
Text
awalan dll.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
bab v.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
dapus.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Hafizdoh adalah sebuah panggilan bagi seseorang yang dapat menghafal al�Qur‟an, seorang Hafidzoh harus mempunyai cara agar hafalanya, bacaanya yang baik bisa terjaga dan meningkat, sehingga membuat seorang ustadzah harus memiliki cara tersendiri dalam mendidik santrinya agar menerima pesan yang hendak disampaikannya maka diperlukan strategi komunikasi yang cerdas agar santri mau belajar dan fokus untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca dan menghafal al-Qur‟an. Dalam Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-Qur‟an pada hafidzoh di Pondok Pesantren Assa‟adah 2 Roudlotul Qur‟an khusunya pada santriwati. Pertanyaan dalam penelitian ini meliputi bagaimana strategi komunikasi ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal al-Qur‟an pada hafidzoh, menanyakan peningkatan kemampuan dalam membaca dan menghafal al-Qur‟an Santri di Pondok Pesantren Assa‟adah 2 Roudlotul Qur‟an. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi ustadzah dalam meningkatkan kemapuan dalam membaca al-Qur‟an pada hafidzoh, dan peningkatann kemampuan dalam membaca dan menghafal al�Qur‟an pada hafidzoh. Jenis bpenelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan datanya ialah observasi,wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini Menurut Creswell. Hasil dari penelitian ini yakni: strategi komunikasi pembelajaran yang digunakan ustadzah dalam pembelajaran hafidzoh sudah sangat baik dan efektif dengan menggukan metode sorogan dan metode demak. Seperti (a) Guru sebagai penceramah, (b) Guru sebagai moderator, (c) Guru sebagai pembimbing, (d) Guru sebagai menejer (e) Guru sebagai Koordinator dan Innovator. Dengan penerapan strategi komunikasi yang baik dan efektif kemampuan dalam membaca dan menghafal al-Qur‟an pada hafidzoh dapat meningkat dan proses pembelajarannyapun akan mudah dan efektif. Peningkatan Dalam Membaca dan menghafal Al-Qur‟an sudah sangat baik dari mulai tajwid dan makhorijul hurufnya dan sudah banyak peningkatan juz pada hafalannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Ustadzah, Kemampuan Membaca dan Menghafal al-Qur’an, Hafidzoh |
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 08:25 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 08:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8431 |
Actions (login required)
View Item |