“PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BALAI DESA KENDAL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON”

Fiqih Hidayat, (2022) “PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BALAI DESA KENDAL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON”. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik di balai desa Kendal berdasarkan hasil pengamatan peneliti masih banyak kekurangan dan terjadi keluhan yang berasal dari masyarakat. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kurang intensnya komunikasi antar atasan dan bawahan atau sebaliknya, juga kurang disiplinnya perangkat desa dimana asumsi peneliti kepala desa setempat sudah memberikan intruksi atau teguran bagi aparatur desa yang bekerja tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku, dan lain sebagainya. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini yaitu bagaimana peran komunikasi organisasi antar aparat desa dalam melayani masyarakat?, bagaimana aparat desa memaksimalkan faktor-faktor pendukung efektifitas dalam melayani masyarakat?, dan bagaimana aparat desa mengatasi hambatan-hambatan komunikasi dalam melayani masyrakat Desa Kendal Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran komunikasi organisasi antar aparat desa dalam melayani masyarakat, faktor-faktor pendukung efektifitas komunikasi dalam melayani masyarakat, dan hambatan-hambatan komunikasi dalam melayani masyarakat Desa Kendal Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif degan menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber pengumpulan data yang digunakan sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data atau interpretasi data, reduksi data, matriks, pengkodean, dan kemudian disesuaikan dengan model kualitatif yang dipilih yaitu studi kasus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran komunikasi organisasi pemdes Kendal berperan menjalin hubungan dengan kekeluargaan, fasilitator warga, koordinasi antara atasan dengan bawahan, dan menjalankan tugas sesuai tupoksi. 2) Faktor-faktor pendukung efektifitas komunikasi organisasi dalam pelayanan publik di balai desa Kendal yaitu sarana prasarana atau fasilitas, kedekatan emosional antar perangkat desa, dan perangkat desa yang ramah. 3) Hambatan-hambatan komunikasi organisasi dalam pelayanan publik di balai desa Kendal bisa diatasi dengan mengupayakan peningkatan intensitas komunikasi antar lembaga, pelatihan SDM, evaluasi kinerja, memperbanyak dialog dengan warga, dan menghidupkan kembali papan informasi yang tersedia.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:45
Last Modified: 05 Dec 2022 08:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item View Item