Keefektifan Teknik Skimming dalam Pembelajaran Membaca Cepat pada Siswa Kelas VIII MTs Manba’ul’ulum Silebu Pancalang Kuningan

Rahma Kholipah, (2022) Keefektifan Teknik Skimming dalam Pembelajaran Membaca Cepat pada Siswa Kelas VIII MTs Manba’ul’ulum Silebu Pancalang Kuningan. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kegiatan membaca pada pelajaran bahasa Indonesia yang mengalami permasalahan, yaitu rendahnya kemampuan membaca cepat. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan teknik skimming dalam pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas VIII MTs Manba’ul’ulum Silebu Pancalang Kuningan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini digunakan pretest-posttest control group design. Variabel yang digunakan ada dua diantaranya variabel independen (variabel bebas) yaitu teknik skimming dan variabel dependen (variabel terikat) yaitu tingkat kemampuan membaca cepat. Populasi penelitian ini yaitu kelas VIII yang terdiri dari tiga kelas. Berdasarkan teknik simple random sampling dari 3 kelas yang menjadi populasi penelitian, terpilih 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan VIII C sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes kemampuan membaca cepat berbentuk opsi ganda. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas bahwa data penelitian berdistribusi normal serta varian data penelitian homogen, selanjutnya dilakukan uji beda dengan menggunakan uji-t. Simpulan dalam penelitian ini yaitu. 1) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca cepat antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan Teknik Skimming dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca cepat tanpa menggunakan Teknik Skimming. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji-t skor post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diperoleh nilai (t hitung = 2,332; p = 0,029; p < 0,05). 2) Teknik Skimming teruji efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cepat siswa kelas VIII MTs Manba’ul’ulum Silebu. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan hasil uji-t pre-test serta post-test kelompok eksperimen, yang diperoleh t hitung sebesar 5,144 serta p sebesar 0,000. (p < 0,05). Selain itu, ada peningkatan skor rata-rata antara kelompok eksperimen sebesar 4,08, sementara kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan sebesar 2,37.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Teknik Skimming, Membaca Cepat
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 00:56
Last Modified: 07 Dec 2022 00:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8483

Actions (login required)

View Item View Item