Khaeron, (2021) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP IT BINA UMMAH SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
01 COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
02 BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
06 BAB V.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan pembelajaran tanpa tatap muka antara peserta didik dan pendidik, hal ini disebabkan adanya pandemi covid-19. Namun dalam pelaksanaanya terjadi ketidaksiapan antara penddik dan peserta didik terhadap pembelajaran jarak jauh, hal ini disebabkan kurangnya persiapan antara pendidik dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran jarak jauh, selain itu dibutuhkan perangkat penunjang seperti handphone dan komputer untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, dimana tidak semua pendidik dn peserta didk yang mampu mengoperasikan pengakat tersebut dan juga tidak semua peserta didik memiliki perangkat tersebut. Google classroom merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan pembelajaran di dunia maya, pembelajaran melalui google classroom memungkinkan tercipatna ruang belajar seperti biasanya, sehingga pembelajaran tetap bisa efektif dan berjalan dengan baik. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang mengarahkan pada proses belajar, sehingga tujuan yang diharpkan bisa diraih Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada rumusan masalah “Bagaimana penerapan media pembelajaran Google Classroom, motivasi belajar siswa di SMP IT Bina Ummah Sumber Kabupaten Cirebon, dan penerapan media pembelajaran Google Classroom terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS? ”. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif, dengan metode pegumpulan data berupa angket yang disebar kepada responden. Penelitian ini disajikan dengan penyajian data distribusi frekuensi dan tabel kecenderungan variabel. Adapun hasil penelitian ini diperoleh bahwa penerapan Google Classroom di SMP IT Bina Ummah termasuk dalam kategori baik sekali dengan skor rata-rata (78,95%), adapun motivasi belajar di SMP IT Bina Ummah Sumber Kabupaten Cirebon pada mata pelajaran IPS termasuk dalam kategori baik sekali dengan skor rata-rata (81,05%). Dengan demikian penerapan media pembelajaran Google Classroom mempengaruhi motivasi belajar siswa di SMP IT Bina Ummah Sumber kabupaten Cirebon.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Classroom, Media, Motivasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 09 Dec 2022 03:25 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 05:34 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8597 |
Actions (login required)
View Item |