Siti Aissa, (2022) Assessment Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila pada Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMP Negeri 4 Palimanan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (995kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (272kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh wawancara awal di SMPN 4 Palimanan yang menyatakan bahwa pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter telah diimplementasikan dengan baik dengan melibatkan dan bekerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat namun masih dijumpai beberapa hambatan dan masalah yang mempengaruhi keberhasilannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji lebih mendalam mengenai internalisasi nilai-nilai Pancasila sehingga memperoleh data tentang keberhasilan program pengutan pendidikan karakter berdasarkan assessment context (konteks) dan internalisasi nilai-nilai Pancasila pada program penguatan pendidikan karakter di SMPN 4 Palimanan. Internalisasi nilai-nilai Pancasila adalah proses menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam membentuk pola pikir atau kepribadian seseorang agar memiliki karakter sesuai nilai-nilai luhur bangsa. Program penguatan pendidikan karakter merupakan program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga dengan dukungan pelibatan publik dan kerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat yang merupakan gerakan nasional revolusi mental (GNRM). Penelitian ini merupakan jenis penelitian assessment dengan pendekatan kualitatif, perpaduan antara model CIPP yang digunakan untuk menilai program penguatan pendidikan karakter dan penilaian autentik digunakan untuk menilai hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi dan dokumentasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis melalui beberapa tahap yaitu reduksi, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan keberhasilan program penguatan pendidikan karakter di SMPN 4 Palimanan berdasarkan assessment context terlihat pada berhasilnya visi dan misi sekolah, regulasi sekolah, dan budaya/iklim sekolah dan internalisasi nilai-nilai Pancasila pada program penguatan pendidikan karakter semuanya sudah diinternalisasikan dengan baik di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Assesment,Internalisasi, Pancasila, PPK |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis nilai |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 02:48 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8747 |
Actions (login required)
View Item |