PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Fitria Khaerunnisa, (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang di dalamnya berisikan berbagai konsep mulai dari mudah ke rumit. Keseluruhan konsep tersebut saling berkaitan secara sistematis sehingga suatu konsep harus dipahami dengan benar sebelum melanjutkan ke konsep setelahnya. Realita di lapangan menunjukkan bahwa banyak siswa memiliki tafsiran konsep lingkaran yang tidak sesuai dengan konsep yang disetujui oleh para ahli atau disebut dengan miskonsepsi. Hasil identifikasi permasalahan menunjukkan bahwa miskonsepsi dapat direduksi dengan penggunaan media serta strategi pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk mengkonstruksi pemahamannya dengan benar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan multimedia interaktif yang memuat sintaks pembelajaran strategi konflik kognitif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui desain multimedia interaktif dengan strategi konflik kognitif dalam mereduksi miskonsepsi pada pembelajaran matematika, (2) mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan multimedia interaktif dengan strategi konflik kognitif dalam mereduksi miskonsepsi pada pembelajaran matematika, serta (3) mengetahui dampak dari penggunaan multimedia interaktif dengan strategi konflik kognitif dalam mereduksi miskonsepsi pada pembelajaran matematika. Penelitian ini didesain dengan mengadopsi model penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp. Subjek pada penelitian ini adalah validator produk, 5 guru matematika, serta 33 siswa kelas VIII – 4 MTsN 5 Kuningan yang mengalami miskonsepsi. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi multimedia interaktif, angket respon guru dan siswa, serta three tier test. Hasil desain multimedia interaktif ini terdiri dari petunjuk penggunaan, menu kompetensi, belajar, evaluasi, referensi, istilah penting, dan pengembang. Multimedia interaktif ini dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian kevalidan oleh validator dengan nilai

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Strategi Konflik Kognitif, Lingkaran, Reduksi Miskonsepsi
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:28
Last Modified: 23 Dec 2022 03:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8957

Actions (login required)

View Item View Item