ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS FULL DAY DI MAN 1 KABUPATEN CIREBON

Basyaasyah Putri Istiqoomah, (2022) ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS FULL DAY DI MAN 1 KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Salah satu Program unggulan di MAN 1 Kabupaten Cirebon adalah Kelas Full day yaitu program sekolah dimana proses pembelajaran berlangsung selama satu hari penuh di sekolah dengan program dan kurikulum yang dikembangkan dan penambahan materi pada materi pelajaran tertentu. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan berikut : Mengetahui program Full day pada mata pelajaran Matematika, Mengetahui proses pembelajaran Matematika pada kelas Full day, Mengetahui respon dan pencapaian hasil belajar siswa, Mengetahui latar belakang siswa, Mengetahui faktor adanya program Full day. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Program Full day merupakan program kelas tambahan yang didalamnya terdapat jam tambahan pada beberapa mate pelajaran khususnya dalam pelajaran Matematika, Proses pembelajaran mendorong peserta didik berperan aktif, kreatif dan kritis dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini dibuktikan dengan partisipasi siswa yang aktif dalam mengerjakan soal di sepan kelas, tanya jawab dan diskusi antar siswa dan guru, Respon siswa yang sangat antusias. Yang ditandai suasana belajar Learning community yang membuat siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran, Latar belakang siswa didominasi karena faktor ekonomi orang tua, dan dukungan orang tua yang menginginkan kualitas siswa yang berbeda.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:31
Last Modified: 23 Dec 2022 06:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8982

Actions (login required)

View Item View Item