IMPLEMENTASI PROGRAM MUROJA’AH DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON

Qurotu Aeni, (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM MUROJA’AH DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Membaca Al-Qur'an merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang muslim. Sekolah-sekolah berbasis Islam telah melaksanakan program-program keIslaman dengan tujuan agar siswa-siswinya dapat lebih memahami makna Islam yang sebenarnya. SMK Al-Hidayah merupakan salah satu sekolah yang berbasis keIslaman dengan menerapkan program kegiatan muroja'ah sebelum kegiatan belajar mengajar yang di koordinir oleh guru pendidikan agama Islam. Latar belakang penelitian ini adalah peneliti menemukan adanya siswa yang masih mengalami problematika dalam membaca Al-Quran meskipun sudah mengikuti program tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk :1) Mengetahui tingkat kemampuan membaca Al-Qur'an siswa SMK Al-Hidayah Kota Cierebon; 2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi problematika kemampuan membaca Al-Qur'an di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon; 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan program muroja'ah sebagai solusi mengatasi problematika kemampuan membaca Al-Qur'an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teknik-tekniknya antara lain : 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) Dokumnetasi; 4) Studi Kepustakaan. Berdasarkan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa SMK Al-Hidayah telah memberikan perhatian lebih pada aspek kemampuan membaca Al-Qur'an, hal tersebut ditujukan agar siswa yang masih mengalami problematika dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an mampu mendapat solusi dari adanya program muroja'ah sehingga mampu membaca dan menghafal Al-Qur'an dengan baik dan benar. Maka dari itu, Guru PAI berperan penting dalam mengatasi problematika kemampuan siswa membaca Al-Qur'an yaitu membimbing siswa yang masih kesulitan membaca maupun menghafal dalam program muroja'ah. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam mengimplementasikan program muroja'ah sebagai solusi dalam mengatasi kemampuan membaca Al-Qur'an adalah: adanya dukungan dari sekolah, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari lingkungan, keluarga dan guru yang kurang satu visi misi dalam program muroja'ah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru PAI, Kemampuan Membaca Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:08
Last Modified: 03 Jan 2023 04:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9139

Actions (login required)

View Item View Item