Pengaruh Model Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar Tema 6 "Panas dan Perpindahannya" Siswa Kelas VA di MI PGM Kota Cirebon

Kiki Fitriani, (2021) Pengaruh Model Belajar Kelompok Terhadap Hasil Belajar Tema 6 "Panas dan Perpindahannya" Siswa Kelas VA di MI PGM Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan masih adanya siswa kelas VA yang belum berhasil dalam proses pembelajaran tematik disekolah. Hasil belajar siswa rendah terbukti dari perolehan siswa pada saat penilaian ulangan harian pada mata pelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan model belajar kelompok di kelas VA MI PGM Kota Cirebon. (2) mendeskripsikan hasil belajar tema 6 „panas dan perpindahannya‟ siswa kelas VA MI PGM Kota Cirebon. (3) mendeskripsikan seberapa besar pengaruh model balajar kelompok terhadap hasil belajar tema 6 „panas dan perpindahannya‟ siswa kelas VA MI PGM Kota Cirebon. Hasil belajar menjadi salah satu indikator pencapaian tujuan pembelajaran di kelas tidak terlepas dari faktor-faktor yang mempengaruhi belajar itu sendiri, faktor tersebut digolongkan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Model belajar kelompok termasuk faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena mengambil seluruh jumlah siswa kelas VA MI PGM yang berjumlah 25 orang. Data penelitian ini di olah dengan menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji koefisien korelasi, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil angket model belajar kelompok yaitu 80% memiliki hasil yang kuat. Dari skor maksimal hasil belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 77 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa baik. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model belajar kelompok dengan hasil belajar siswa sebesar 52,3%, dengan nilai sig 0.000< probabilitas 0.05. kemudian diketahui t hitung < t table yakni sebesar -4.5345 < 2.060, maka dapat disimpulkan di terima dan di tolak artinya ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model belajar kelompok terhadap hasil belajar siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model Belajar Kelompok, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:28
Last Modified: 12 Jan 2023 02:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9244

Actions (login required)

View Item View Item