PENGARUH METODE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV DI MI AL-HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON TAHUN 2021

Uli Rusyani, (2021) PENGARUH METODE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV DI MI AL-HIDAYAH GUPPI KOTA CIREBON TAHUN 2021. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Cover s.d DAFtar isi.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Terdapat dua faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor esternal. Dalam proses pembelajaran seorang guru tentunya membutuhkan sebuah metode pada saat pembelajaran. Dari kurangnya antusiasme siswa menyambut materi pembelajaran, sampai materi pelajaran yang masih belum siswa pahami sehingga hasil belajar menulis puisi siswa masih rendah. Maka ingin mencoba melaksanakan metode pembelajaran Take and Give terhadap hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas IV di MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Take and Give adalah metode pembelajaran dimana siswa akan saling memberi dan memperoleh suatu informasi dari temannya, metode ini juga melatih siswa untuk menjadi narasumber bagi teman-temannya. Selain itu metode take and give akan dituangkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis puisi. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode take and give dalam proses pembelajaran menulis puisi di kelas IV B MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon; (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar menulis puisi menggunakan metode take and give di kelas IV B MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon; (3) Untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh metode take and give terhadap hasil belajar menulis puisi di kelas IV B MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon. Metode penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif yang mana menggunakan angka-angka dan analisis statistik. Desain yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design. Populasi yang diambil berjumlah 18 siswa. Sampel yang digunakan yaitu teknik Sampling Jenuh. Instrumen menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji linear regresi, uji determinasi, uji korelasi, uji t dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas IV B MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon menunjukkan dari jumlah siswa sebanyak 18 siswa terdapat nilai minimum sebesar 65 dan nilai maksimum sebesar 90 dengan rata-rata 76,39. Uji hipotesis diperoleh jika ttabel dicari dengan ⍺ = 0,05 dan (df) n-2 atau 18 – 2 = 16 jadi ttabel = 0,468 berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa dengan nilai p- value (sig.t) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, dan nilai thitung > ttabel yaitu 9,447 > 0,468. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat Pengaruh yang sangat signifikan antara metode take and give terhadap hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Guppi Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Take and Give, Hasil Belajar, Menulis Puisi
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:48
Last Modified: 13 Jan 2023 00:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9248

Actions (login required)

View Item View Item