Lisa Syntia, (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS III DI SDN 2 JATIRENGGANG, KECAMATAN PABUARAN, KABUPATEN CIREBON, JAWA BARAT TAHUN 2021. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode kooperatif tipe make a match terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN 2 Jatirenggang, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon. Keterampilan berbicara yang diamati pada penelitian ini meliputi aspek pelafalan, tatabahasa, kosakata, kelancaran, dan pemahaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen murni (true eksperiment). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Jatirenggang, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon yang dibagi menjadi kelas IIIA dan IIIB, masing-masing kelas berjumlah 22 siswa. Kelas IIIA dengan jumlah siswa laki-laki 10 siswa dan jumlah siswa perempuan 12 siswa. Sedangkan kelas IIIB dengan jumlah siswa laki-laki 8 siswa dan jumlah siswa perempuan 14 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe make a match terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN 2 Jatirenggang, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon dinyatakan efektif. Dibuktikan dengan peningkatan nilai hasil posttest dan telah diuji hipotesis dengan menggunakan uji paraid sample t test dan uji independent sample t test. Berdasarkan hasil uji paraid sample t test menyatakan bahwa data nilai pretest dan posttest diperoleh nilai p value 0,00 < 0,05, sehingga hipotesis yang menyatakan metode kooperatif tipe make a match yang diterapkan pada kelas eksperimen efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Dan berdasarkan hasil uji independent sample t test diperoleh nilai p value 0,00 < 0,05, artinya antara kelas control dan kelas eksperimen memiliki perbedaan, sehingga hipotesis yang menyatakan metode kooperatif tipe make a match yang diterapkan pada kelas eksperimen efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara. Jadi hipotesis penelitian diterima atau signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode kooperatif tipe make a match, keterampilan berbicara |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 01:08 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 01:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9294 |
Actions (login required)
View Item |