Nanda Pratiwi, (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DALAM PENANAMAN SIKAP RASA HORMAT SISWA KELAS 6 SDN 2 DAWUAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (763kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
Respect atau rasa hormat merupakan nilai penting yang harus dimiliki seseorang dalam bermasyarakat khususnya di Indonesia. Untuk menanamkan rasa hormat pada siswa maka guru perlu melakukan strategi pembelajaran yang tepat di kelasyang akan dibawa siswa sampai ia dewasa. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana strategi guru dalam penanaman sikap rasa hormat siswa di SDN 2 Dawuan dengan merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses penerapan strategi pembelajaran afektif di kelas 6 SDN 2 Dawuan? (2) Bagaimana bentuk sikap rasa hormat siswa kelas 6 SDN 2 Dawuan? (3) Apa saja hambatan dan solusi pada strategi pembelajaran afektif di kelas 6 SDN 2 Dawuan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana proses penerapan strategi pembelajaran efektif di kelas 6 SDN 2 Dawuan. (2) Untuk mengetahui bagaimana pegaruh penerapan strategi pembelajaran afektif terhadap sikap siswa kelas 6 SDN 2 Dawuan. (3) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi factor hambatan dan bagaimana solusi yang terjadi saat proses penerapan strategi afektif dalam penanaman rasa horma siswa di kelas 6 SDN 2 Dawuan. Untuk mencapai tujuan di atas, maka penulis akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian metode deskriptif. Dalam metode ini penulis menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi serta dokumentasi. Data dianalisa dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi yang dilakukan oleh guru kelas 6 SDN 2 Dawuan dalam penanaman sikap rasa hormat siswa kelas 6 SDN 2 Dawuan adalah dengan keteladanan/contoh, teguran, hadiah dan hukuman, pengkondisian kelas serta pendekatan. (2) Siswa kelas 6 SDN 2 Dawuan memiliki sikap santun, selalu memberi salam kepada guru, memperhatikan dengan seksama Ketika guru sdang memberikan pelajaran, selalu rendah hati serta hormat dan santun kepada guru, selalu menghargai oendapat teman dalam berdiskusi,tidak sombong dan tidak mencaci maki teman. (3) Hambatan yang ditemui oleh guru Ketika menanamkan sikap rasa hormat siswa adalah karakter dan lingkungan siswa yang berbeda-beda, perkembangan teknologi yang semakin canggih. Maka solusi dari kendala tersebut ialah : dengan terus menerus melakukan pendekatan kepada siswa, guru menjadi teladan dan jujur kepada siswa, harus bersikap adil tidak memihak kepada kelompok, guru dapat menghukum siswa yang salah serta melakukan Kerjasama dengan orangtua untuk mengawasi perilaku siswa di rumah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, penanaman sikap rasa hormat |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 02:19 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9346 |
Actions (login required)
View Item |