MANAJEMEN PELAYANAN HOTEL DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Hotel Cordova Kota Cirebon)

Sri Rahayu Nadipa, (2022) MANAJEMEN PELAYANAN HOTEL DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus di Hotel Cordova Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1 Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Perhotelan merupakan satu bisnis yang bergerak pada sector jasa khususnya akomodasi, segmen pasarnya adalah tamu yang datang untuk tujuan istirahat atau urusan bisnis dalam hotel membutuhkan manajemen yang baik dalam pelayananya maupun oprasionalnya, hotel akan di akatakan baik apabila pelayanan dan oprasianyanya bagus maka dari itu manajemen hotel sangat penting. Seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi syari‟ah di Indonesia, saat ini sektor bisnis di bidang perhotelan mulai banyak dibidik oleh para pengusaha dengan menerapkan manajemen Islam. Hotel Cordova Kota Cirebon adalah beberapa hotel yang ada di Kota Cirebon yang menggunakan label syariah dalam manajemennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manjemen pelayanan yang dilakukan hotel cordova kota cirebon dan pelayanan mengunakan prinsip-prinsip syariah yang dilakukan oleh pihak hotel cordova kota cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun hasil penelitian ini: pertama, Di Hotel Cordova Kota Cirebon dalam manajemennya terdapat Planning, Organizing, Actuanting dan controling sedangkan pelayanan yang di berikan hotel cordova kota cirebon terdapat: pelayanan Front Office, pelayanan Resepsionis, pelayanan kamar pengunjung, pelayanan makan dan minum dan pelayanan sarana ibadah. Maka dapat di katakan majemen pelayana yang di berikan oleh hotel cordova kota cirebon sudah cukup baik. Kedua, Hotel cordova Kota Cirebon dalam menerapkan prinsip syariah sudah menerapkan konsep pelayanan sesuai prinsip syariah diantaranya: prinsip persamaan (Musawah), prinsip saling mencintai (Muhabbah), prinsip kekeluargaan (Ukhuwah) dan prinsip lemah lembut (Al-Layin) dan hotel cordova kota cirebon dalam pelayanan yang di berikan hotel cordova kota cirebon sesuai dengan prinsip nyariah yang terdapat di dalam fatwa No 108/DSN-MUI/X/2016 metetapkan poin ke lima ketentuan terkait hotel syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Hotel, pelayanan dan Prinsip Syariah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:08
Last Modified: 09 Feb 2023 02:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9697

Actions (login required)

View Item View Item