PENGARUH PENGGUNA ATM DAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Survei Bank BJB Syariah KCP Majalengka)

Melly Yulistiani, (2022) PENGARUH PENGGUNA ATM DAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Survei Bank BJB Syariah KCP Majalengka). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1808203135_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203135_2_bab1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203135_6_bab5.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808203135_7_dafpus.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Saat ini indonesia sedang mengikuti perkembangan teknologi khususnya pada bidang teknologi informasi. Dari waktu ke waktu teknologi informasi mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat cepat dan pesat. Dengan perkembangannya teknologi yang cepat membuat semua proses produksi, pemasaran, distribusi barang dan jasa menjadi lebih efektif dan efisien. Terutama teknologi di bidang perbankan, dimanfaatkan dalam proses pemasaran, promosi, sampai dengan alat bantu transaksi yang berbasis teknologi. Contohnya seperti ATM dan mobile banking. Semakin berkembangnya zaman, maka perbankan syariah pun mengikuti mengalami perkembangan yang sangat baik. Dan untuk saat ini sudah banyak nasabah bank syariah yang menggunkan ATM dan mobile banking. Untuk itu semakin banyak pengguna, maka akan semakin berdampak terhadap kepuasan nasabah bank. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ATM dan mobile banking terhadap kepuasan nasabah Bank BJB Syariah KCP Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah nasabah bank BJB Syariah KCP Majalengka dengan sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 21, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji dan uji F. Hasil penelitian pada uji F menujukkan bahwa ATM dan Mobile Banking secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank BJB Syariah KCP Majalengka, hal ini dibuktikan dengan Fhitung (4,538) > nilai Ftabel (3,09) dan nilai signifikan 0,000 (Sig. < 0,05). Pada uji t, dengan menggunakan tabel distribusi normal t dan menggunakan tingkat kesalahan 5% serta derajat kebebasan (df) = n – k = 96 – 2 = 94, maka diperoleh nilai distribusi tabel t adalah 1,. Dapat disimpulkan bahwa thitung ATM (2,080) > ttabel (1,66123) maka H0 ditolak dan Ha diterima dan thitung Mobile Banking (3,346) > ttabel (1,66123) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi bisa disimpulka bahwa ATM dan mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank BJB Syariah KCP Majalengka dengan konstribusi sebesar (52,2%) dan sisanya (47,8%) dipengaruhi oleh variabel lan yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: ATM, Mobile Banking
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:23
Last Modified: 14 Feb 2023 07:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9752

Actions (login required)

View Item View Item