MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DARING PADA MATA PELAJARAN PAI SAAT MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus di SMA Plus NU Panguragan-Cirebon)

Bunaim, (2022) MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DARING PADA MATA PELAJARAN PAI SAAT MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus di SMA Plus NU Panguragan-Cirebon). Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER - PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian awal patut diduga bahwa dalam pelaksanaan proses pembelajaran daring, guru cenderung memberikan materi berupa file tulisan juga mengandalkan pemberian tugas berupa Lembar Kerja Siswa yang berdampak pada proses pembelajaran kurang efektif dan berpengaruh negatif pada hasil belajar. Sehingga muncul permasalahan harapan pembelajaran daring yang menyenangkan namun kenyataannya siswa merasakan pembelajaran yang membosankan. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran berdiferensiasi melalui penggunaan media belajar daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam saat masa pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Atas Plus Nahdhotul ‘Ulama Panguragan-Cirebon. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix methode). Pendekatan kuantitatif untuk mengetahui gaya belajar siswa. Sementara pendekatan deskriptif kualitatif bersifat eksploratif untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi melalui penggunaan media daring dengan hambatan dan solusinya saat masa pandemi covid-19. Sumber data primer pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan 69 siswa yaitu 30% jumlah keseluruhan kelas XII sebagai subjek penelitian untuk mengetahui gaya belajar. Sumber data sekunder adalah dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian, siswa memiliki gaya belajar visual (47%), auditorial (20%), kinestetik (10%), visual auditorial (11%), visual kinestetik (8%), visual auditorial kinestetik (4%). Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam belum menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi, sehingga harapannya dengan mengetahui gaya belajar siswa, guru dapat menggunakan metode, strategi, model dan media yang sesuai kesiapan siswa. Pelaksanaan penggunaan media daring belum bervariatif dan tidak memanfaatkan room meeting butuh kreatifitas dan inovasi dalam mengajar sehingga hambatan pembelajaran secara daring tidak berpengaruh. Perubahan paradigma lama mutlak dilakukan agar pembelajaran sesuai dengan tuntutan zaman. Implikasi penelitian secara teoritis model pembelajaran berdiferensiasi sangat tepat dilaksanakan pada masa pandemi covid-19 menggunakan media daring dengan memanfaatkan kemampuan digital learning didukung dengan kemampuan Teknologi Ilmu Komputer proses pembelajaran akan menyenangkan bagi siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, berdiferensiasi, gaya belajar, media daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:11
Last Modified: 21 Feb 2023 03:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9850

Actions (login required)

View Item View Item