HUBUNGAN MOTIVASI DAN KECERDASAN SPIRITUAL GURU PAI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS DI MI HIDAYATUS SHIBYAN DESA KECOMBERAN KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON

Lestari Damaiyanthy, (2022) HUBUNGAN MOTIVASI DAN KECERDASAN SPIRITUAL GURU PAI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS DI MI HIDAYATUS SHIBYAN DESA KECOMBERAN KECAMATAN TALUN KABUPATEN CIREBON. Masters thesis, S2 PAI IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
1. COVER - PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MI Hidayatus Shibyan Desa Kecomberan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon, pada tahun ajaran 2020/2021 mengalami penurunan minat belajar siswa. Padahal fasilitas yang dimiliki sekolah tersebut sudah bisa dikatakan memadai, selain itu cara guru menyampaikan materi pembelajaranpun sudah bagus dan kompeten. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ada kemungkinan siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran PAI. Minat belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran PAI itulah yang menjadi penyebab semangat belajar siswa menurun pada mata pelajaran Qur’an Hadis yakni dengan perolehan nilai rata-rata siswa ada yang hanya mencapai nilai 50 dari nilai KKM 70, ini membuktikan hasil prestasi siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadis tersebut kurang atau rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi dan Kecerdasan Spiritual Guru PAI secara simultan dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits di MI Hidayatus Shibyan Desa Kecomberan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Penelitian ini di dasarkan pemikiran bahwa faktor penting dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran adalah adanya kelas yang mendukung proses belajar mengajar sehingga guru dan peserta didik yang memiliki motivasi saling merespons dalam lingkup sosial kelas yang kondusif, oleh karenanya, maka diperlukan sebuah desain pembelajaran yang mampu memunculkan motivasi bagi guru dan peserta didik, dan juga adanya peran kecerdasan spiritual guru PAI dalam aktivitas keseharian di lingkungan sekolah yang dapat dilihat langsung oleh siswa. Dengan adanya desain pembelajaran yang berbasis motivasi dan kecerdasan spiritual guru PAI maka minat belajar siswa terhadap suatu mata pelajaran akan meningkat, khususnya pelajaran Qur’an Hadist, sehingga tujuan dalam pembelajaran akan tercapai. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif,dan metode korelasioner. Kesimpulan dari penelitian ini, diketahui bahwa Kondisi Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi, Kecerdasan Spiritual Guru PAI, dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits di MI Hidayatus Shibyan Desa Kecomberan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon berkategori baik. Dan Terdapat pengaruh supervisi dan Kecerdasan Spiritual Guru PAI secara simultan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits, hal ini dilihat berdasarkan pengujian regresi di mana memiliki nilai p-Value (pada kolom sig.) 0,00 < Level of significant 0,05 dan nilai Ftabel (3,21) < Fhitung (67,942), ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Besarnya pengaruh supervisi dan Kecerdasan Spiritual Guru PAI secara simultan terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits adalah sebesar 76%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kecerdasan Spiritual, Minat belajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 21 Feb 2023 03:54
Last Modified: 21 Feb 2023 03:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/9856

Actions (login required)

View Item View Item