Siti Layinatun Najmah, (2023) Pengaruh Konsentrasi dan Motivasi Belajar Keaktifan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Waled Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 BKI.
|
Text
1908306059_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1908306059_2_bab1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
1908306059_6_bab5.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
1908306059_7_dafpus.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila tercapainya tujuan pembelajaran. Sebagai seorang siswa, dalam menjalani proses pembelajaran dituntut agar mampu mengikuti pembelajaran dengan aktif baik dikelas maupun kegiatan lainnya. Konsentrasi dan motivasi belajar adalah aspek yang utama bagi siswa untuk menjalankan aktivitas belajar. Jika siswa memiliki konsentrasi yang rendah maka akan sulit menerima informasi sehingga kurangnya pemahaman terhadap materi yang diberikan. Selain itu, motivasi juga merupakan aspek dinamis yang paling utama bagi siswa untuk dimiliki demi mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsentrasi terhadap keaktifan siswa, bagaimana pengaruh motivasi terhadap keaaktifan siswa, dan bagaimana pengaruh konsentrasi dan motivasi terhadap keaaktifan siswa. Metode yang digunakan yaitu metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat sampel sebanyak 79. Pada jurusan MIPA sebanyak 39 responden dan jurusan IPS sebanyak 40 responden. Pngambilan sampel memakai teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu kuesioner. Alat analisis menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa konsentrasi berpengaruh signifikan terhadap variabel keaktifan belajar dengan nilai t hitung 4,771 > t tabel 1,991 dan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Motivasi berpengaruh signifikan terhadap variabel keaktifan belajar dengan nilai t hitung 3,044 > t tabel 1,991 dan nilai signifikasi yang dihasilkan sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05. Konsentrasi dan motivasi belajar mempunyai pengaruh terhadap keaktifan belajar dengan nilai F-hitung 25,504 > F-tabel 3,12 dan nilai signifikasi yang dihasilkan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Konsentrasi dan motivasi belajar mempunyai pengaruh terhadap keaktifan belajar sebesar 40,2%. 26,3% merupakan pengaruh dari konsentrasi belajar dan 13,9% merupakan pengaruh ari motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsentrasi Belajar, Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 08 May 2023 07:06 |
Last Modified: | 08 May 2023 07:07 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10184 |
Actions (login required)
View Item |