Pesan Dakwah Habluminallah Pada Lagu "Sebenarnya Cinta" Karya Grup Band Letto (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure)

Lusiana Adelia Saputri, (2023) Pesan Dakwah Habluminallah Pada Lagu "Sebenarnya Cinta" Karya Grup Band Letto (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.

[img]
Preview
Text
1608302055_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302055_2_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302055_6_bab5.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608302055_7_dafpus.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Lagu letto ini jika direnungkan mempunyai makna yang sangat mendalam. Bagi pendengar lagu ini tidak hanya hiburan semata tetapi mengantarkan jiwa kepada Tuhan. Dengan kemasan seperti itu grup band Letto dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat, terutama kepada para pemuda dan pemudi yang sering kali kurang tertarik dengan lagu-lagu yang langsung merujuk pada nilai-nilai dakwah Islami. Adapun pertanyaan penelitian yang diajukan oleh penulis yaitu: 1) Bagaimana pesan dakwah yang terkandung dalam lagu Sebenarnya Cinta. 2) Bagaimana makna pesan dakwah dalam lagu Sebenarnya Cinta ditinjau dari Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam lagu Sebenarnya Cinta. 2) Untuk mengetahui makna pesan dakwah dalam lagu Sebenarnya Cinta ditinjau dari Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan semiotika. Sumber data primer diperoleh melalui sebuah lagu. Dari lagu akan di ekstrak menjadi bentuk teks (hard file), kemudian hasil dari teks (berupa lirik lagu) tersebut dijadikan sebagai bahan kajian. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku, dan karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika Ferdinand de Saussur yakni penanda (signifier) dan petanda (signified). Hasil penelitian dalam penelitian ini, secara keseluruhan pesan dakwah pada lagu sebenarnya cinta antara lain: a) bermegah-megahan. b) Terlena. c) Sadar. d) Penyesalan. e) Berlebihan. f) Ragu. g) Meminta pertolongan Tuhan. Kemudian Makna pesan dakwah pada lagu sebenarmya cinta yang dikaji melalui metode analisis semiotika Ferdinand de Saussure dapat diketahui dengan signifier (petanda) dan signified (penanda) meliputi: manusia yang terlena dan terbawa arus kehidupan dunia, manusia yang melupakan jati diri dan identitasnya, manusia yang mengetahui eksistensi Tuhan tetapi lalai akan kewajibannya, sadar bahwa kehidupan didunia adalah fana, penyesalan saat mengetahui bahwa kita terlalu larut akan dunia fana, manusia yang rindu dan kecintaan kepada sang Rabb, manusia yang mengharapkan bimbingan agar selalu berada di jalan yang benar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Lagu, Analisi Semiotika
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 12 May 2023 08:33
Last Modified: 12 May 2023 08:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10280

Actions (login required)

View Item View Item