Nurhidayah, (2023) Strategi Komunikasi Organisasi KPMDB Wilayah Cirebon Periode 2021-2022 Dalam Meningkatkan Kinerja Pengurus. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon S1 KPI.
|
Text
1808302058_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808302058_2_bab1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
1808302058_6_bab5.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
1808302058_7_dafpus.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Suatu organisasi dalam setiap kegiatannya selalu melibatkan komunikasi sebagai pusat pertukaran informasi untuk mencapai tujuan utama dalam berorganisasi. Kurangnya efektivitas dan kurangnya komunikasi antar sesama pengurus maupun anggota mengakibatkan organisasi itu kurang berprogres. Hal inilah yang mendorong sebuah organisasi perlu menyusun strategi komunikasi. Strategi komunikasi salah satu hal penting dalam sebuah organisasi, seperti halnya dalam organisasi KPMDB wilayah Cirebon yang memerlukan strategi komunikasi dalam meningkatkan kinerja pengurusnya. Pada penelitian ini membahas Strategi Komunikasi KPMDB wilayah Cirebon Periode 2021-2022 dalam Meningkatkan Kinerja Pengurus dengan membuat beberapa pertanyaan penelitian yaitu: a). Bagaimana strategi komunikasi organisasi pengurus KPMDB wilayah Cirebon periode 2021-2022 dalam meningkatkan kinerja pengurus? b). Bagaimana peningkatan kinerja pengurus KPMDB wilayah Cirebon periode 2021-2022? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: a). Bagaimana strategi komunikasi organisasi pengurus KPMDB wilayah Cirebon periode 2021-2022 dalam meningkatkan kinerja pengurus; b). Bagaimana peningkatan kinerja pengurus KPMDB wilayah Cirebon periode 2021-2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan dalam penentuan informan, menggunakan teknik purposive sampling triangulasi dan teknik analisis datanya menggunakan teori Milles, Huberman dan Saldana yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, Kesimpulan dan Verifikasi. Berdasarkan hasil analisis penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Strategi Komunikasi Organisasi KPMDB wilayah Cirebon Periode 2021-2022 dalam Meningkatkan Kinerja Pengurus dalam keadaan baik. Semua tahapan dari strategi komunikasi organisasi termasuk perencanaan atau perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi terpenuhi. Upaya yang dilakukannya dengan cara: Menggunakan bahasa Ngapak ketika rapat; Berkomunikasi langsung maupun tidak langsung bisa menggunakan media sosial; Saling support satu sama lain; Berkumpul untuk membahas keberlangsungan organisasi; Mengadakan evaluasi kinerja pengurus; Bermusyawarah guna mencapai kesepakatan bersama; Saling terhubung satu sama lain. Kemudian peningkatan kinerjanya melalui program kerja yang ditunjukkan dengan cara: Saling support sesama pengurus; Saling membantu perihal jobdesk; Bekerja bersama atau bergotong royong; Percaya antar sesama pengurus; Selalu berfikir kreatif dan inovatif; serta Mempunyai pribadi yang loyal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Organisasi, Peningkatan Kinerja |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | H. Tohirin S.Ag |
Date Deposited: | 15 May 2023 07:59 |
Last Modified: | 15 May 2023 07:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10301 |
Actions (login required)
View Item |