Pengaruh Diskon, E-Wallet, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Pada Generasi Millenial

TENGKU FANSA RAIN, (2023) Pengaruh Diskon, E-Wallet, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Pada Generasi Millenial. Bachelor thesis, S1 Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908204029_1_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204029_2_bab1.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204029_6_bab5.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908204029_7_dafpus.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

TENGKU FANSA RAIN. NIM: 1908204029, “Pengaruh Diskon, E-Wallet, Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Pada Generasi Millenial”, 2022. Kemunculan teknologi membuat banyaknya inovasi baru dalam dunia digital seperti adanya e-commerce dan e-wallet yang mana didukung oleh banyaknya diskon dan gaya hidup yang semakin berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Generasi millennial menjadi contoh generasi yang merasakan langsung perkembangan teknologi dan penggunaan teknologi yang ada. Hadirnya banyak kemudahan melalui e-wallet dan adanya potongan harga hingga tuntutan gaya hidup menjadi faktor pendukung hadirnya perubahan dalam perilaku konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh diskon, e-wallet, dan gaya hidup terhadap perilaku konsumen secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan survei berupa penyebaran kuesioner dengan penentuan sampel dari metode non-probabilistik dengan hasil jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji determinasi. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Diskon secara parsial mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan hasil thitung (4,591) > ttabel (1,66) dan Sighitung (0,00), (2) E-Wallet secara parsial tidak mempunyai hubungan yang signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan hasil thitung (0,567) < ttabel (1,66) dan Sighitung (0,572), (3) Gaya Hidup secara parsial mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan hasil thitung (4,150) > ttabel (1,66) dan Sighitung (0,00), dan (4) Diskon, e-wallet, dan gaya hidup secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan hasil fhitung (34,421) > nilai ftabel (2,69) dan Sighitung (0,00). Dengan hal tersebut sebaiknya anak muda millennial harus memperkuat prinsip pada dirinya sehingga perilaku konsumsi ini tidak membawanya kepada perilaku boros, tentunya prinsip Islam juga harus diterapkan dalam kegiatan jual-beli. Kata Kunci – Diskon, E-Wallet, Gaya Hidup, Perilaku Konsumen

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 24 May 2023 02:52
Last Modified: 24 May 2023 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10534

Actions (login required)

View Item View Item