ANALISIS INOVASI PRODUK PEMBIAYAAN MODAL KERJA DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMBIAYAAN PADA NASABAH UMKM (Studi Kasus BSI KC Cirebon Dr Cipto)

KHAYLA FAIRUZ NABILA, (2023) ANALISIS INOVASI PRODUK PEMBIAYAAN MODAL KERJA DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMBIAYAAN PADA NASABAH UMKM (Studi Kasus BSI KC Cirebon Dr Cipto). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203134_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203134_2_bab1.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203134_6_bab5.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203134_7_dafpus.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

KHAYLA FAIRUZ NABILA.NIM:1908203134, “ANALISIS INOVASI PRODUK PEMBIAYAAN MODAL KERJA DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMBIAYAAN PADA NASABAH UMKM (Studi Kasus BSI KC Cirebon Dr Cipto)”, 2023. Inovasi produk sangat penting karena persaingan pasar perbankan. Bank syariah pun tidak lepas dari kewajiban melakukan inovasi produk. Produk perbankan syariah harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai industri yang terus berkembang sehingga bank syariah harus terus melakukan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pernyataan-pernyataan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana inovasi produk pembiayaan modal kerja dalam meningkatkan minat pembiayaan nasabah usaha mikro kecil dan menengah, kendala yang dihadapi dalam melakukan inovasi produk pembiayaan modal kerja untuk meningkatkan minat pembiayaan nasabah UMKM, dan untuk mengetahui solusi dalam menghadapi kendala yang dihadapi dalam melakukan inovasi produk pembiayaan modal kerja untuk meningkatkan minat pembiayaan nasabah umkm pada Bank Syariah Indonesia KC Cirebon Dr Cipto.” Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, Inovasi produk pembiayaan modal kerja dalam meningkatkan minat pembiayaan nasabah usaha mikro kecil dan menengah di BSI KC Cirebon Dr Cipto yaitu dengan menambahkan lini produk yang sudah ada pada produk pembiayaan modal kerja, yaitu dengan penambahan pembiayaan berupa produk KUR. Dari produk KUR tersebut diinovasikan lagi dari segi plafon yang diberikan, dengan adanya inovasi produk ini dapat meningkatkan minat pembiayaan nasabah. Kendala yang dihadapi dalam penginovasian produk diantaranya akibat kurangnya promosi pada pembiayaan produk KUR kepada nasabah diakibatkan kurangnya sumber daya manusia (SDM), kurangnya sosialisasi serta pendekatan terkait produk pembiayaan modal kerja, dan adanya pembiayaan bermasalah yang terjadi pada pembiayaan produk BSI Usaha Mikro. Solusi yang dapat dilakukan terkait kendala tersebut adalah dengan adanya penambahan dan pengembangan sumber daya manusia, dan memberikan edukasi terkait cara pengelolaan keuangan serta memberikan keringanan pada nasabah yang mengajukan keringanan pembayaran. Kata Kunci: Inovasi Produk, Pembiayaan Modal Kerja, UMKM

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:12
Last Modified: 05 Jun 2023 06:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item View Item