PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS TERHADAP PERILAKU KARYAWAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MALL BATIK SALMA CIREBON

FADLLA AMBARWATI, (2023) PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS TERHADAP PERILAKU KARYAWAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MALL BATIK SALMA CIREBON. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203138_1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203138_2_bab1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203138_6_bab5.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203138_7_dafpus.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

FADLLA AMBARWATI. NIM: 1908203138. “PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS TERHADAP PERILAKU KARYAWAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PADA MALL BATIK SALMA CIREBON” Etika dalam berbisnis tidak dapat diimplementasikan jika hanya komitmen individu saja, tetapi etika tersebut juga harus menjadi komitmen dalam setiap komunitas sebagai kerangka sosial. Sehingga etika bisnis Islam dapat menjamin keberlangsungan kegiatan bisnis untuk jangka panjang, tidak hanya terfokus untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek saja. Dengan menjunjung tinggi etika bisnis, tentu akan memberikan kepuasan bagi para stakeholders, dan akan membawa perilaku bisnis secara professional. Perilaku adalah sebuah respon yang muncul dari diri sendiri terhadap obyek atau benda yang berada di sekitarnya. Loyalitas pelanggan mempunyai peran yang sangat penting dalam mempertahankan keberlanjutan perusahaan. Terciptanya loyalitas berasal dari kualitas pelayanan yang didampingi oleh etika bisnis Islam dalam setiap kegiatannya. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh secara parsial dan simultan etika bisnis islam terhadap perilaku karyawan dan loyalitas pelanggan pada Mall Batik Salma. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan dan pelanggan Mall Batik Salma Cirebon, dengan jumlah sampel sebanyak 71 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji hipotesis berupa uji t (parsial) dan uji F (simultan), serta uji koefisien determinasi (R2 ) dengan menggunakan SPSS Statistics Versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel etika bisnis islam berpengaruh positif terhadap perilaku karyawan dan loyalitas pelanggan, hal ini dapat dilihat dari signifikansi korelasi etika bisnis islam sebesar 0,305 dan 0,404 yang berarti lebih besar dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Dan dapat juga dilihat dari koefesien determinasi etika bisnis islam sebesar 0,093 dan 0,163 maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Etika bisnis islam juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel perilaku karyawan dengan memperoleh uji koefisien determinasi sebesar 9,3% dan variabel loyalitas pelanggan dengan memperoleh uji koefisien determinasi sebesar 16,3%. Kata kunci : Etika Bisnis Islam, Perilaku Karyawan, Loyalitas Pelanggan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jun 2023 06:18
Last Modified: 05 Jun 2023 06:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10609

Actions (login required)

View Item View Item