PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada KSPPS Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura)

Desi Ratnasari, (2023) PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada KSPPS Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1608203151_1_cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608203151_2_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608203151_6_bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1608203151_7_dafpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Desi Ratnasari, NIM: 1608203151, “PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA (Studi Kasus pada KSPPS Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura)”. Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) merupakan lembaga keuangan syariah non-bank yang melakukan kegiatan operasional dalam skala mikro dan bertujuan menghimpun dan menyalurkan dana kepada anggotanya. Untuk menjalin hubungan yang berkelanjutan dengan anggotanya, etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan dapat menjadi alternatif yang perlu ditempuh oleh KSPPS, sehingga dalam prosesnya KSPPS dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh anggota dan dapat membantunya menciptakan kepuasan. Selain itu dalam praktik KSPPS, etika bisnis Islam merupakan persyaratan mutlak yang dilaksanakan sehingga dapat sesuai dengan tuntunan syariat agama Islam dan tentunya menjadi identitas pembeda antara KSPPS dan lembaga keuangan non-syariah Penelitian ini ditunjukan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota KSPPS Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan sumber data berasal dari kuesioner. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 67 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis persamaan regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Hasil dari penelitian ini bahwa etika bisnis islam secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota KSPPS Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura dengan nilai signifikansi 0,000. Begitu juga dengan variabel kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota KSPPS Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura dengan nilai signifikansi 0,001. Secara simultan etika bisnis Islam dan kualitas pelayanan bersama-sama mempengaruhi kepuasan anggota KSPPS Nusa Ummat Sejahtera KC Astanajapura dengan kontribusi sebesar 87,6% sedangkan 12,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Anggota, KSPPS

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 13 Jun 2023 04:47
Last Modified: 13 Jun 2023 04:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10667

Actions (login required)

View Item View Item