ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENINGKATAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PELAKU UMKM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus SKM Digital Print Bekasi Timur)

Abdul Rozak, (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENINGKATAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PELAKU UMKM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus SKM Digital Print Bekasi Timur). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
1908203066_1_cover.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203066_2_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203066_6_bab5.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203066_7_dafpus.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Abdul Rozak. NIM: 1908203066, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENINGKATAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PELAKU UMKM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Studi Kasus SKM Digital Print Bekasi Timur)”, 2023 Bisnis digital printing merupakan salah satu bisnis percetakan yang cukup menjanjikan karena memiliki prospektif dan akan terus berkembang. Kondisi tersebut menyebabkan bisnis percetakan semakin banyak bermuculan. Akibatnya persaingan yang tidak sehat kerap kali terjadi hanya untuk memenangkan persaingan pasar. Untuk bisa mempertahankan kelangsungan bisnis ditengah ketatnya persaingan pasar, berbagai upaya dan strategi dilakukan oleh pelaku usaha untuk dapat memenangkan persaingan pasar, salah satunya yaitu mendapatkan kepercayaan dari konsumen dengan menerapkan etika bisnis Islam sebagai pedoman dalam mengambil sikap dan keputusan dalam kegiatan berbisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan faktor-faktor yang meningkatkan kepercayaan konsumen dengen perspektif etika bisnis Islam di SKM Digital Print Bekasi Timur. Kemudian dilanjutkan dengan mendeskripsikan bagaimana dampak yang didapatkan bisnis tersebut setelah menerapkan faktor-faktor yang meningkatkan kepercayaan konsumen tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari wawancara kepada para informan sedangkan data sekunder berasal dari penelitian-penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SKM Digital Print telah menerapkan faktor-faktor yang bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Apabila dilihat dari indikator kepercayaan konsumen yaitu kemampuan, integritas, dan kebaikan hati. Kemampuan dalam hal ini adalah bagaimana SKM Digital Print melayani konsumen, menghasilkan produk yang baik dan bertanggung jawab ketika ada kerusakan produk. Kemudian integritas mencakup kepada menginformasikan produknya dengan rinci dan jelas. Dan kebaikan hati yang dilakukan dengan menerima komplain konsumen. Ketiga-tiganya sudah diaplikasikan dengan baik oleh SKM Digital Print. Hal tersebut dibuktikan dari beberapa jawaban para konsumen yang sudah bertransaksi di SKM Digital Print ini. SKM Digital Print sudah menerapkan etika bisnis Islam dengan baik. Dapat dilihat dari bagaimana cara SKM Digital Print menghasilkan produk-produknya, memberikan pelayanan yang baik dan ramah, memberikan informasi terkait produk-produknya secara transparan, tidak pernah mendahulukan konsumen tertentu dalam antrian pemesanan, dan mengganti produknya apabila ada kerusakan. Hal ini harus dipertahankan mengingat pentingnya sebuah etika dalam menjalankan bisnis. Etika bisnis Islam juga dapat menjadi pedoman bagi pelaku bisnis untuk menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat. Kata Kunci: Kepercayaan Konsumen, UMKM, Etika Bisnis Islam

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:12
Last Modified: 27 Jun 2023 07:12
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10729

Actions (login required)

View Item View Item