EVALUASI TERINTEGRASI BERBASIS LINKTREE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PROBLEM SOLVING MATEMATIS SISWA

RIA RIYATI, (2023) EVALUASI TERINTEGRASI BERBASIS LINKTREE TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PROBLEM SOLVING MATEMATIS SISWA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105008_1_cover.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105008_2_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105008_6_bab5.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105008_7_dafpus.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil survei United Nations Educational, Scientifc and Cultural Organization (UNESCO) bahwa minat belajar siswa di Indonesia masih tergolong rendah yang menunjukkan pada peringkat ke 64 dari 120 negara dan pada tahun 2007 Global Institute mencatat hanya 5 % sisa yang mampu mengerjakan soal berkategori tinggi keterampilan problem solving. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon siswa, minat belajar, keterampilan problem solving matematis siswa dan seberapa besar konstribusi setelah menggunakan linktree. Linktree merupakan salah satu software e-learning yang menawarkan berbagai kemudahan dalam mengelola informasi sehingga menguntungkan bagi pendesain walaupun berbentuk HTL. Selain itu, linktree dapat terintegrasi dengan berbagai media dan menampilkan beberapa tools serta menyajikan berbagai bentuk tampilan yang dapat di desain sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel pada peneitian ini ialah siswa kelas VIII SMP 1 Rajagaluh dengan subjek sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data ialah instrumen tes lima soal uraian keterampilan problem solving matematis siswa dan angket respon serta angket minat belajar setelah menggunakan linktree. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan melalui instrumen angket siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan linktree pada materi pola bilangan dengan persentase rata-rata 84% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil angket minat belajar siswa setelah menggunakan linktree pada 4 indikator, yaitu perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan, dan perhatian siswa mendapatkan rata�rata persentase sebesar 78% dengan kategori baik. Kemdian untuk hasil keterampilan problem solving matematis siswa setelah menggunakan linktree dengan jumlah 30 repsonden yaitu rata-rata N-gain skor sebesar 0,64 dan rata-rata N-gain persen 64,37 % termasuk dalam kategori cukup efektif. Konstribusi linktree terhadap minat belajar dan keterampilan problem solving matematis siswa pada materi pola bilangan diperoleh konstibusi yang baik. Hal ini di perkuat pada hasil uji hipotesis penelitian yaitu diperoleh dari uji determinan konstribusi linktree terhadap minat belajar sebesar 0,776 atau 77,6 % yang termasuk dalam kategori baik karena berada pada rentang 0,49 ≤

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:49
Last Modified: 05 Jul 2023 07:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10915

Actions (login required)

View Item View Item