PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 SURANENGGALA

AAN SUMIYATI, (2023) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 SURANENGGALA. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105124_1_cover.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105124_2_bab1.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105124_6_bab5.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105124_7_dafpus.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru akan mempengaruhi penguasaan kelas guru dalam kegiatan pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan menciptakan pembelajaran yang efektif. Salah satu faktor yang mendukung terciptanya pembelajaran yang efektif adalah minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Suranenggala. Maka tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru matematika di SMP Negeri 1 Suranenggala; 2) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika; 3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan cara membagikan angket kepada peserta didik sebagai responden. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 1 Suranenggala dan sampelnya adalah peserta didik kelas IX H dengan jumlah 40 peserta didik. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kompetensi pedagogik guru di SMPN1 Suranenggala memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 81% dengan kategori sangat baik, dan kompetensi profesional guru di SMPN1 Suranenggala memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 76% dengan kategori baik. 2) minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika di SMPN1 Suranenggala memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 80% dengan kategori baik. 3) kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru berpengaruh secara simultan terhadap minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika di SMPN 1 Suranenggala yang ditunjukkan pada nilai Fhitung = 19,287 ≥ Ftabel = 3,25.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:53
Last Modified: 06 Jul 2023 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item