KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA DI SMP KOTA CIREBON

MI'A APRILIANA, (2023) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA DI SMP KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris Matematika IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808105141_1_cover.pdf

Download (809kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105141_2_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105141_6_bab5.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808105141_7_dafpus.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Ada indikasi bahwa kompetensi pedagogik guru secara umum (semua mata pelajaran) di Kota Cirebon masih di bawah nilai standar yang seharusnya. Namun belum diketahui secara spesifik bagaimana kompetensi pedagogik guru matematika. Oleh sebab itu pentingnya dilakukan sebuah penelitian dengan tujuannya adalah untuk: 1) Mengetahui kompetensi pedagogik guru matematika di SMP Kota Cirebon berdasarkan Self Report; 2) Mengetahui kompetensi pedagogik guru matematika di SMP Kota Cirebon berdasarkan tes; 3) Mengetahui kompetensi pedagogik guru matematika di SMP Kota Cirebon berdasarkan Self Report dan Tes. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini terdiri dari populasi target dan populasi tersedia. Adapun populasi target pada penelitian ini adalah guru matematika level SMP di Kota Cirebon sedangkan populasi tersedia yaitu guru matematika level SMP Kota Cirebon yang aktif mengajar tahun 2022. Sampel penelitian berukuran 30 orang guru matematika diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Self Report (skala Guttman) dan tes. Data tentang kompetensi pedagogik guru matematika yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru matematika di SMP Kota Cirebon berdasarkan pengakuan diri (Self Report) menunjukkan bahwa seluruh responden (100%) tergolong kategori tinggi. Sedangkan hasil penelitian kompetensi pedagogik guru matematika dengan menggunakan metode tes yang tergolong kategori tinggi terdiri dari 27 guru (90%) dan 3 (10%) lainnya tergolong kategori sedang, yang berarti ada 3 guru matematika yang tidak selaras antara hasil laporan diri (Self Report) dengan hasil tesnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:15
Last Modified: 06 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item