KEEFEKTIFAN METODE PQRST TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA CIREBON

SITI AISYAH, (2022) KEEFEKTIFAN METODE PQRST TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808110066_1_cover.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110066_2_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110066_6_bab5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808110066_7_dafpus.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Siti Aisyah. 2022. Keefektifan Metode PQRST terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Cirebon. SKRIPSI. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Itaristanti, S.S., M.A. Pembimbing (2) Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd. Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan metode PQRST dalam keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Cirebon. (2) Mendeskripsikan keefektifan metode PQRST terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Cirebon. Berdasarkan pendekatannya, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Cirebon untuk menentukan ukuran sampel secara keseluruhan, peneliti menggunakan pendapat Slovin dengan teknik sampling acak (random sampling technique). Metode yang digunakan untuk memperoleh data penelitian yang sesuai dengan permasalahan pada penelitian yaitu sebagai berikut. (1) Metode pengamatan, (2) Metode dokumentasi, dan (3) Metode Eksperimen Tujuan eksperimen dalam penelitian ini yaitu untuk membuktikan hipotesis. Keefektifan metode PQRST dalam pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dapat diketahui dengan membandingkan perbedaan nilai post-test kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji-t post-test kelas kontrol dan eksperimen dengan perhitungan program SPSS 21 diperoleh nilai t hitung sebesar 2,317 dengan taraf signifikansi yang digunakan yaitu 0,05 atau 5%. Uji tersebut diperoleh hasil perhitungan sig. 2-tailed sebesar 0,025 maka 0,025 < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, dapat dikatakan bahwa nilai uji-t hasil post-test kelas kontrol dan eksperimen tersebut terdapat perbedaan yang signifikan setelah mendapatkan perlakuan. Maka, dapat dikatakan bahwa penggunaan metode PQRST efektif digunakan terhadap pembelajaran yang berkaitan dengan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas VII di SMP Negeri 14 Kota Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:57
Last Modified: 07 Jul 2023 01:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11042

Actions (login required)

View Item View Item