ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STILISTIKA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL DI KELAS VIII

FARA FADHILLA, (2023) ANALISIS GAYA BAHASA PADA KUMPULAN PUISI HUJAN BULAN JUNI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN STILISTIKA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MODUL DI KELAS VIII. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110048_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110048_2_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110048_6_bab5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110048_7_dafpus.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Fara Fadhilla. 2023. Analisis Gaya Bahasa pada Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dengan Menggunakan Pendekatan Stilistika dan Pemanfaatannya sebagai Modul di Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dr. Emah Khuzaemah, M.Pd., Pembimbing (2) Tato Nuryanto, M.Pd. Gaya bahasa salah-satu unsur terpenting dalam pembangun puisi. Dengan memahami gaya bahasa pembaca juga akan memahami makna yang terkandung dalam puisi tersebut. Namun, saat ini pengetahuan siswa mengenai gaya bahasa rendah, karena pembelajaran mengenai gaya bahasa dalam sastra sering dianggap mudah dan membosankan, serta kurang mendapatkan perhatian karena terkadang guru menyampaikan materi hanya sekedarnya. Hasilnya, ketercapaian siswa dalam pembelajaran puisi kurang memuaskan, karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang gaya bahasa. Rendahnya pengetahuan siswa mengenai gaya bahasa ini yang menjadi latar belakang penelitian ini. Jadi, penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat pada kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono dengan pendekatan stilistika; dan 2) mendeskripsikan pemanfaatan penggunaan gaya bahasa yang terdapat dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni sebagai modul di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengkaji dan menganalisis gaya bahasa dalam sebuah puisi untuk memberikan makna secara lebih penuh kepada pembaca ketika membaca karya sastra. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah metode simak-catat. Metode simak digunakan untuk menyimak buku kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Djoko Damono, sedangkan teknik catat digunakan untuk mencatat data yang termasuk ke dalam gaya bahasa pada kumpulan puisi Hujan Bulan Juni. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan dan dilanjut dengan daya pilah unsur penentu ortografis untuk menganalisis gaya bahasa pada buku kumpulan puisi Hujan Bulan Juni dan mengetahui gaya bahasa yang terkandung dalam kumpulan puisi tersebut. Berdasarkan hasil analisis gaya bahasa pada 20 judul puisi dari kumpulan puisi Hujan Bulan Juni dari 20 judul puisi ini sejumlah 60 data. Gaya bahasa perumpamaan sejumlah 1 data, gaya bahasa metafora sejumlah 3 data, gaya bahasa personifikasi sejumlah 27 data, gaya bahasa alegori sejumlah 6 data, gaya bahasa hiperbola sejumlah 1 data, gaya bahasa ironi sejumlah 1 data, gaya bahasa paradoks sejumlah 5 data, gaya bahasa elipsis sejumlah 2 data, gaya bahasa asonansi sejumlah 1 data, gaya bahasa anafora sejumlah 11 data, dan gaya bahasa epanalepsis sejumlah 2 data. Selanjutnya, penelitian ini dikembangkan menjadi bahan ajar pembelajaran berupa modul yang dapat dimanfaatkan oleh siswa sebagai sumber belajar untuk membantu siswa dalam mempelajari materi gaya bahasa pada teks puisi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:23
Last Modified: 07 Jul 2023 02:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11131

Actions (login required)

View Item View Item