SAMPUL KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MANUSIA DAN BADAINYA KARYA SYAHID MUHAMMAD DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI E-MODUL PEMBELAJARAN NOVEL DI SMA KELAS XI

SITI MAESAROH, (2023) SAMPUL KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MANUSIA DAN BADAINYA KARYA SYAHID MUHAMMAD DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI E-MODUL PEMBELAJARAN NOVEL DI SMA KELAS XI. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110040_1_cover.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110040_2_bab1.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110040_6_bab5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110040_7_dafpus.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Siti Maesaroh, 2023. Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Manusia dan Badainya Karya Syahid Muhammad dan Pemanfaatannya sebagai E-Modul Pembelajaran Novel di SMA Kelas XI. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Dr. Indrya Mulyaningsih, M.Pd., Pembimbing (2) Lilik Herawati, M.Pd. Penelitian ini dilakukan secara kondisional dengan latar belakang kurangnya kesadaran masyarakat, khususnya pada peserta didik SMA sederajat, terhadap perlunya menjaga kesehatan mental yang diimplementasi ke dalam karya sastra melatarbelakangi penelitian ini sebagai sarana pembentukan kepribadian serta mengurangi dampak risiko dari konflik batin. Manusia dan Badainya karya Syahid Muhammad merupakan salah satu karya sastra yang memuat bentuk-bentuk konflik batin yang kemudian dianalisis menggunakan pendekatan psikologi sastra Sigmund Freud. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk konflik batin tokoh utama dalam novel Manusia dan Badainya karya Syahid Muhammad menggunakan pendekatan psikologi sastra Sigmund Freud dan hasil penelitian dimanfaatkan sebagai modul pembelajaran elektronik di SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini berupa buku novel berjudul Manusia dan Badainya karya Syahid Muhammad. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah berupa teknik baca catat dengan instrumen penelitian yang menggunakan kartu data. Lalu keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode padan dengan pendekatan psikologi sastra Sigmund Freud. Data penelitian yang diperoleh menggunakan teknik baca catat pada sumber data berjumlah 31 data. Hasil penelitian yang didapatkan berupa bentuk konflik batin tokoh utama yang terdapat pada buku novel; Manusia dan Badainya karya Syahid Muhammad. Bentuk konflik batin tersebut terbagi ke dalam tiga bentuk kepribadian yaitu id, ego, dan superego. 8 kepribadian id dalam bentuk konflik batin sedih, berkhayal, kenikmatan, pemenuhan kebutuhan biologis, rasa keingintahuan, kepuasan, ketidaknyamanan. 11kepribadian ego dalam bentuk konflik batin kebingungan, keresahan, kecewa, kecemasan, kesenangan sesaat, dan berpikir logis. 12 kepribadian superego dalam bentuk konflik batin keteguhan, rasa percaya diri, rasa rendah diri, rasa peduli, rasa mandiri, rasa bersalah, dan pengendalian diri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:33
Last Modified: 07 Jul 2023 02:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item