ANALISIS MAKNA SLOGAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMP NEGERI 1 SURANENGGALA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI FLIPPING BOOK PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI KELAS VIII

PUTRIANA, (2023) ANALISIS MAKNA SLOGAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMP NEGERI 1 SURANENGGALA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI FLIPPING BOOK PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI KELAS VIII. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110067_1_cover.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110067_2_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110067_6_bab5.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110067_7_dafpus.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Putriana. 2023. Analisis Makna Slogan di Lingkungan Sekolah SMP Negeri 1 Suranenggala dan Pemanfaatannya Flipping Book Pembelajaran Teks Iklan di Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (1) Tato Nuryanto, M.Pd., Pembimbing (2) Dra. Tati Sri Uswati, M.Pd. Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan yang formal untuk membimbing siswa. Tentunya, di sekolah sangat mempengaruhi perkembangan karakter peserta didik. Hampir di setiap sekolah memiliki slogan yang tertempel di dinding dengan makna yang berbeda-beda. Khususnya, di sekolah SMP Negeri 1 Suranenggala. Akan tetapi, yang menjadi permasalahannya, siswa kurang memahami terhadap makna dari kandungan yang tersirat dalam slogan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna yang terkandung pada slogan yang ada di sekolah SMP Negeri 1 Suranenggala. Dengan menggunakan kajian semantik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah slogan yang ada di sekolah SMP Negeri 1 Suranenggala. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catat, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan metode padan dengan teknik lanjutan ortografis dan pragmatis. Hasil penelitian adalah ditemukan 11 slogan yang terdapat di sekolah SMP Negeri 1 Suranenggala. Hasil analisis menggunakan 3 ragam makna semantik, yang terdiri dari makna gramatikal, konotatif, dan denotatif. Slogan yang mengandung makna gramatikal berbentuk afiksasi dan konjungsi. Slogan yang mengandung makna konotatif merupakan slogan yang memiliki nilai rasa atau emosi. Slogan yang mengandung makna denotatif merupakan slogan yang memiliki makna apa adanya atau tidak memiliki nilai rasa. Hasil penelitian ini, dijadikan flipping book sebagai pemanfaatan pembelajaran bahasa Indonesia yang mencakup materi teks iklan, slogan, dan poster di kelas VIII. Kata kunci : flipbook, makna, semantik, slogan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:03
Last Modified: 07 Jul 2023 03:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11157

Actions (login required)

View Item View Item