ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

PUJIAH DIMAS PUTRI, (2023) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Bachelor thesis, S1-tadris BAHASA INDONESIA IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1908110024_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110024_2_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110024_6_bab5.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908110024_7_dafpus.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Pujiah Dimas Putri. 2023. Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing (I) Tato Nuryanto, M. Pd. Pembimbing (II) Dr. Emah Khuzaemah, M. Pd. Pada penelitian ini menganalisis nilai pendidikan karakter pada novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Dalam novel tersebut menceritakan impian seorang anak kecil yang ingin memiliki jendela, dan keinginannya dapat membangun sekolah untuk anak-anak yang tidak memiliki biaya, dengan itu usaha yang sungguh�sungguh untuk mewujudkan impiannya. Pada penelitian ini berusaha untuk menganalisis nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode desain deskriptif kualitatif, dengan pendekatan semiotika Charles Sanders Pierce dalam mengkaji tanda, objek, dan interpretant. Pada pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat, sedangkan instrument pada penelitian ini yang digunakan berupa kartu data. Keabsahan yang dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori, metode, dan sumber data. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif meliputi pada empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/vertifikasi. Hasil penelitian berupa dialog, kata, dan kalimat dengan menunjukkan nilai pendidikan karakter pada novel Rumah Tanpa Jendela. Hasil penelitian pada novel Rumah Tanpa Jendela menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter terdiri dari 16 nilai pendidikan karakter yaitu diantaranya; nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, semangat kebangsaan, komunikatif/bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter pada novel Rumah Tanpa Jendela ini dapat dijadikan cara membentuk sikap dan perilaku yang baik dalam dunia pendidikan, karena pendidikan adalah kunci utama untuk mengembangkan karakter bangsa untuk lebih baik. Dengan novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia dan relevansinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Kata Kunci. Novel Rumah Tanpa Jendela, Nilai Pendidikan Karakter, Relevansi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:28
Last Modified: 07 Jul 2023 03:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11169

Actions (login required)

View Item View Item