DHESTA SYAHFANI, (2022) SCHOOL READINESS STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK PRA SEKOLAH DI TK ANNIDA KARYAMULYA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN GURU RAUDHATUL ATHFAL IAIN SYEKH NUR JATI CIREBON.
|
Text
1808108052_1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808108052_2_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
1808108052_6_bab5.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
1808108052_7_dafpus.pdf Download (109kB) | Preview |
Abstract
DHESTA SYAHFANI (1808108052) School Rediness Sebagai Strategi Guru Dalam Membangun Kemandirian Anak Pra Sekolah Di TK Annida Karyamulya Kota Cirebon. Kemandirian adalah salah satu ciri kedewasaan yang memungkinkan individu untuk beroperasi secara mandiri dan berusaha untuk mencapai pencapaian dan tujuan pribadi. Terkait kemandirian di Tk Annida guru sangat diperlukan rangsangan dan dorongan untuk bereskplorasi secara berulang-ulang. Oleh karena itu, dapat dilihat melalui aspek kemandirian yaitu fisik, bertanggung jawab dan percaya diri. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan kemandirian anak pra sekolah di TK Annida Karyamulya Kota Cirebon dan mengetahui pelaksanaan School Readiness di TK Annida Karyamulya Kota Cirebon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan kepala sekolah, guru, staff dan orang tua siswadi TK Annida Karyamulya Kota Cirebon sebagai narasumber. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan dilanjutkan dengan pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannyaguru sangat diperlukan dalam proses kemandirian anak pra sekolah pada kemampuan untuk menciptakan suasana belajar yang merangsang anak untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran, menambah wawasan dan pengalaman baru bagi anak. Strategi guru dalam menanamkan kemandirian di TK Annida menggunakan model pembiasaan pengulangan untuk menanamkan kemandirian anak pra sekolah serta menggunakan metode praktek langsung dengan memberikan materi pembelajaran baik menggunakan alat atau media pembelajaran lainnya.Program school readiness untuk anak pra sekolah di TK Annida menggunakan model perencanaan evaluasi unjuk kerja dengan membuat kegiatan les tambahan yang dilakukan setelah kegiatan pembelajaran, guru tidak mewajibkan anak untuk mengikuti les tambahan hanya saja anak yang ingin mengikuti kegiatan tersebut. Kata Kunci: Strategi, Kemandirian, School Readiness, Anak Pra Sekolah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 01:52 |
Last Modified: | 26 Nov 2023 12:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11261 |
Actions (login required)
View Item |