Amaliyah Nur Diniyah, (2023) IMPLEMENTASI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE POINT COUvNTERPOINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP IT NUURUSSHIDIIQ KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.
|
Text
1908101019_1_cover.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
1908101019_2_bab1.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
1908101019_6_bab5.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
1908101019_7_dafpus.pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Amaliyah Nur Diniyah : (1908101019) IMPLEMENTASI MODEL ACTIVE LEARNING TIPE POINT COUNTERPOINT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP IT NUURUSSHIDIIQ KOTA CIREBON Model pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting terhadap pembelajaran. Berhasil tidaknya pembelajaran, salah satunya dipengaruhi oleh model pembelajaran. Berdasarkan observasi awal yang peneliti lakukan di SMP IT Nuurusshiddiiq Kota Cirebon, terdapat kesenjangan di dalam proses pembelajaran. Guru PAI sudah melakukan pembelajaran dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang baik. Akan tetapi, pada kenyataannya masih terdapat siswa yang tidak memperhatikan gurunya, mengobrol, mengantuk bahkan tidur ketika guru sedang menjelaskan pelajaran. Dengan keadaan tersebut, mengakibatkan suasana kelas tidak aktif, sehingga siswa masih kurang memiliki rasa semangat dan motivasi dalam belajar. Oleh karena itu, pada penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran active learning tipe point counterpoint di kelas IX.2 SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon serta untuk mengetahui pengaruh model pembelajran tersebut terhadap peningkatan motivasi belajar siwa. Model active learning adalah suatu model pembelajaran yang merangsang siswa untuk belajar aktif dan menjalin hubungan interaksi antar teman. Adapun tipe point counterpoint merupakan sebuah teknik hebat untuk merangsang diskusi dan pemahaman-pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai isu kompleks. Kegiatan tersebut mirip dengan sebuah perdebatan. Namun, kurang formal dan berjalan lebih cepat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen dan menggunakan desain one-shot case study. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Instrument penelitian berupa obersevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase, perhitungan korelasi product moment, koefesien determinasi , dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model active learning tipe point counterpoint (X) pada mata pelajaran PAI di kelas IX.2 SMP IT Nuurusshidiiq Kota Cirebon dalam kategori “Baik” dengan skor sebesar 75,3%. Motivasi belajar siswa (Y) termasuk dalam kategori “Baik” dengan skor sebesar 82,3%. Antara implementasi model active learning tipe point counterpoint dengan motivasi belajar siswa mempunyai nilai hubungan yang “postif” dengan nilai korelasi sebasar 0,63 (hubungan kuat). Terdapat pengaruh antara implementasi model active learning tipe point counterpoint terhadap motivasi belajar siswa sebesar 39,7%, sedangkan sisanya yaitu 60,3% dipengaruhi oleh faktor lain dan berdasakan uji signifikansi kedua variabel tersebut mempunyai pengaruh yang signifikan dengan nilai sebesar 3,552 > 2.09302 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Model Active Learning, Point Counterpoint, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:09 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11341 |
Actions (login required)
View Item |