IMPLIKASI KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMK PK MEKANIKA BUNTET PESANTREN CIREBON

RIDLO ILAHI, (2023) IMPLIKASI KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMK PK MEKANIKA BUNTET PESANTREN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101235_1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101235_2_bab1.pdf

Download (736kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101235_6_bab5.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101235_7_dafpus.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

RIDLO ILAHI NIM : 1808101235 IMPLIKASI KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMK PK MEKANIKA BUNTET PESANTREN CIREBON Keteladanan seorang guru akan sangat menentukan dalam pembentukan karakter peserta didik dan keberhasilan pendidikan. Seorang guru sudah sepatutnya mampu memberikan contoh atau keteladanan yang baik yang tercermin dalam segala sikap maupun perbuatan kepada peserta didiknya, sehingga tanpa adanya paksaan peserta didik tersebut akan mengikuti atau mencontoh guru yang menjadi panutannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui keteladanan guru di SMK PK Mekanika Buntet Pesantren Cirebon. (2) Untuk mengetahui kedisiplinan siswa SMK PK Mekanika Buntet Pesantren Cirebon. (3) Untuk mengetahui implikasi keteladanan guru dalam pembentukkan karakter disiplin siswa di SMK PK Mekanika Buntet Pesantren Cirebon. Karakter disiplin ialah berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak pada suatu keadaan dimana suatu tersebut berada dalam keadaan tertib, teratur dan semestinya, serta tidak ada suatu pelanggaran-pelanggaran baik secara langsung maupun tidak langsung (Khairudin Alfath, 2020 : 136). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Guru sudah memberikan keteladanan yang baik terkait dengan kedisiplinan. Keteladanan yang diberikan guru, berupa : Keteladanan spiritual seperti mengucap salam dan berdo‟a sebelum pembelajaran serta pembiasaan membaca ayat suci Al-Qur‟an. Keteladanan social seperti menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, sesama guru dan orang tua. Keteladanan kedisiplinan seperti datang dan masuk tepat waktu, berpenampilan rapih dan sopan serta berwibawa. (2) Siswa SMK PK Mekanika Buntet Pesantren Cirebon secara umum dapat dikatakan sudah mempunyai kedisiplinan yang baik. Berdasarkan macamnya, SMK PK Mekanika Buntet Pesantren Cirebon menerapkan disiplin demokratis. Sedangkan dalam ruang lingkupnya yaitu; Disiplin diri seperti disiplin belajar, motivasi serta kesadaran akan kebersihan. Disiplin social yakni yang terkait dengan segala peraturan-peraturan yang harus ditaati atau dipatuhi oleh semua siswa seperti berangkat dan masuk kelas tepat waktu, dan disiplin dalam hal estetika atau penampilannya seperti berpakaian rapih dan sesuai jadwal. Kemudian disiplin nasional, seperti mengikuti upacara bendera dan peringatan-peringatah hari besar nasional. (3) Terdapat adanya implikasi yaitu berupa dampak dari keteladanan yang diberikan guru terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di SMK PK Mekanika Buntet Pesantren Cirebon, yakni siswa menjadi pribadi yang memiliki kedisiplinan diri, kedisiplinan social, serta kedisiplinan nasional. Kata Kunci : Keteladanan Guru, Karakter, Disiplin

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:30
Last Modified: 11 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11349

Actions (login required)

View Item View Item