UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTs NU ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

IIS ISTIQOMAH, (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTs NU ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1- PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON.

[img]
Preview
Text
1808101190_1_cover.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101190_2_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101190_6_bab5.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1808101190_7_dafpus.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Iis Istiqomah NIM. 1808101190 : Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VIII MTs NU Astanajapura Kabupaten Cirebon Dalam proses belajar, motivasi belajar adalah salah satu faktor dari dalam diri yang menentukan berhasil tidaknya dalam proses belajar mengajar. Motivasi merupakan pendorong daya gerak di dalam diri yang menimbulkan rasa semangat untuk melakukan sesuatu seperti kegiatan belajar, motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non intelektual. Oleh karena itu, pada saat berlangsungnya proses pembelajaran, pendidik perlu menggunakan metode pembelajaran yang dapat di artikan sebagai sebuah cara. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar dengan metode tanya jawab pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU Astanajapura. Untuk mengetahui Implementasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar dengan metode tanya jawab pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah (MTs) NU Astanajapura. Dan untuk mengetahui pengaruh upaya guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTs NU Astanajapura Kabupaten Cirebon. Metode Tanya jawab adalah penyampaian pelajaran dengan jalan guru bertanya, sedang murid-murid menjawab. Metode ini diharapakna dapat mengefektifkan suasana kelas yang pasif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar dengan metode tanya jawab yaitu terletak pada waktu pembelajaran yang singkat, keaktifan siswa dan keluasan pengetahuan guru. Implementasi guru dalam meningkatkan motivasi belajar dengan metode tanya jawab pada mata pelajaran Akidah akhlak ini diharapkan dapat membantu siswa untuk dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh guru dengan lebih mudah dengan adanya metode tanya jawab, dan juga metode ini dapat sekaligus merangsang motivasi belajar siswa untuk semangat dalam belajar. Adapun pengaruh upaya guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode tanya jawab pada mata pelajaran Akidah akhlak di MTs NU Astanajapura yaitu, memudahkan guru dalam membuat perangkat pelajaran, proses pembelajaran lebih menarik dan memotivasi peserta didik, peserta didik terlibat aktif dan semangat mengikuti proses pembelajaran, proses pembelajaran menjadi lebih menegangkan bagi peserta didik, pemahaman peserta didik meningkatkan hasil belajar, peserta didik dapat bertanggung jawab terhadap tugas sebagai peserta didik. Kata kunci: Motivasi belajar, Metode Tanya Jawab, Akidah akhlak

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:32
Last Modified: 11 Jul 2023 02:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11350

Actions (login required)

View Item View Item