SOLEH ALIHUDIN, (2023) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS HUMANISTIK DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK DI SMA BINAUL UMMAH KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, S2- MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
|
Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Soleh Alihudin Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Humanistik Dalam Pengembangan Karakter Mandiri Peserta Didik Di SMA Binaul Ummah Kabupaten Kuningan. Model pembelajaran merupakan suatu rancangan atau pola yang didesain seefektif, seefisien, dan semenarik mungkin oleh pendidik sebagai panduan pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan pendekatan humanistik diharapkan peserta didik dapat mengaktualisasikan diri, serta memiliki karakter mandiri, bagi humanistik bahwa peserta didik adalah insan yang utuh dan mempunyai keunikan serta potensi. Peneliti tertarik meneliti model pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis humanistik dalam pengembangan karakter peserta didik di SMA Binaul Ummah Kuningan karena sekolah tersebut menerapkan konsep humanistik dalam pembelajaran. Berdasarkan realitas di atas, permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi dan dampak dari model pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis humanistik dalam pengembangan karakter mandiri peserta didik di SMA Binaul Ummah kabupaten Kuningan? Faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan karakter mandiri peserta didik di SMA Swasta Binaul Ummah? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi dan dampak model pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis humanistik dalam pengembangan karakter mandiri peserta didik di SMA Binaul Ummah kabupaten Kuningan serta faktor yang mempengaruhi perkembangan mandiri peserta didik di SMA Binaul Ummah kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisisnya meliputi reduksi data, penyajian data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi meliputi sumber,teknik dan waktu. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah guru memulai pembelajaran terlebih dahulu menentukan langkah-langkah pembelajaran tujuan pembelajaran, mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik, topik-topik bahasan, menggunakan model pembelajaran kooperatif jenis Jigsaw, metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab dan media yang relevan dengan topik bahasan. Kemudian faktor yang mempengaruhi kemandirian peserta didik adalah faktor intern dan ekstern, serta dampak implementasinya adalah peserta didik merasa percaya diri, bertanggung jawab, menghargai waktu, aman, senang, semangat, berani menyampaikan pendapat, kreatif serta mampu menjalin kerjasama dengan teman. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Humanistik dan mandiri
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 03:14 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 03:14 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11538 |
Actions (login required)
View Item |