ANALISIS PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA BERSIH (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman)

KAISA ROUDLOTUSYIFA, (2023) ANALISIS PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA BERSIH (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman). Bachelor thesis, S1-Akuntansi Syariah.

[img]
Preview
Text
1908205108_1_cover.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205108_2_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205108_6_bab5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908205108_7_dafpus.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

KAISA ROUDLOTUSYIFA, NIM: 1908205108, “ANALISIS PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA BERSIH (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman)” Berdasarkan data yang menunjukkan bahwa adanya pada biaya produksi dan biaya pemasaran meningkat namun tidak diiringi dengan peningkatan pada laba bersih perusahaan. Hal tersebut menarik peneliti untuk meneliti fenomena tersebut dikarenakan salah satu faktor yang mempengaruhi laba adalah biaya�biaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba bersih pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang memfokuskan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel dengan menggunakan teknik pengumpulan data metode dokumentasi yaitu berupa data sekunder dengan laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI) maupun situs website lainnya. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021 sebanyak 26 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan di dapatkan sampel sebanyak 12 perusahaan dengan jumlah 60 data. Analisis data menggunakan aplikasi Eviews Versi 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial biaya produksi tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. (2) Secara parsial biaya pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih. (3) Hasil uji F yaitu biaya produksi dan biaya pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap laba bersih dengan nilai adjusted R Square sebesar 12,72% dan sisanya 87,28% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini. Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Laba Bersih.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:31
Last Modified: 18 Aug 2023 03:31
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11576

Actions (login required)

View Item View Item