PENGARUH KUALITAS PRODUK, LAYANAN DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUASAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus BPRS HIK PARAHYANGAN Cabang Sumber)

ICHA SUPRIATIN, (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, LAYANAN DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUASAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus BPRS HIK PARAHYANGAN Cabang Sumber). Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.

[img]
Preview
Text
1908203088_1_cover.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203088_2_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203088_6_bab5.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1908203088_7_dafpus.pdf

Download (320kB) | Preview

Abstract

ICHA SUPRIATIN. NIM: 1908203088, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, LAYANAN DAN TINGKAT MARGIN TERHADAP KEPUASAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi Kasus BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber)”. Produk pembiayaan murabahah merupakan salah satu produk pembiayaan berdasarkan prinsip jual beli yang ditawarkan oleh BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber dalam memenuhi kebutuhan nasabah baik dalam pembiayaan investasi produktif ataupun pembiayaan konsumtif. Pembiayaan murabahah menjadi produk pembiayaan unggulan di BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber karena merupakan produk pembiayaan yang paling sering dipilih oleh nasabah BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber dan menjadi salah satu penyumbang besar terhadap pendapatan di BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Kualitas Produk, Layanan dan Tingkat Margin Terhadap Kepuasan Pembiayaan Murabahah di BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu Kualitas Produk (X1), Kualitas Layanan (X2) dan Tingkat Margin (X3). Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini yaitu Kepuasan Nasabah (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang sudah mengajukan pembiayaan di BPRS HIK Parahyangan Cabang Sumber. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling. Sehingga diketahui sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan metode uji instrumen penelitian, analisis data, analisis korelasi rank spearman, uji signifikan T dan uji statistik deskriptif dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan menggunakan dasar keputusan bahwa nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar (7,430) > T tabel (1,666) yang artinya variabel kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Pada variabel Kualitas Layanan dengan menggunakan dasar keputusan bahwa nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar (14,339) > T tabel (1,666) yang artinya variabel kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Pada variabel Tingkat Margin dengan menggunakan dasar keputusan bahwa nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar (9,301) > T tabel (1,666) yang artinya variabel Tingkat Margin berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Tingkat Margin

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:03
Last Modified: 21 Aug 2023 04:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/11639

Actions (login required)

View Item View Item